Dibutuhkan Saat Resepsi, Biaya Sewa Jasa MC Pernikahan Mulai Ratusan Ribu Rupiah

MC resepsi pernikahan (youtube: Kamilla Athalia)MC resepsi pernikahan (youtube: Kamilla Athalia)

Pandemi (-19) tampaknya telah menggeser banyak tren dan pemikiran masyarakat di Indonesia, termasuk dalam hal pernikahan. Sebelum adanya pandemi, sebagian besar calon mempelai lebih memilih mengadakan pesta pernikahan secara megah dengan mengundang banyak orang. Pesta-pesta yang diselenggarakan di gedung aula, hotel, atau bahkan secara outdoor tersebut memanfaatkan MC dengan yang memang tidak bisa dibilang murah.

Dari penelusuran di beberapa sumber, biaya MC pernikahan berkisar mulai dari Rp350 ribu hingga Rp1 jutaan. atau sewa pembawa pernikahan tersebut biasanya tergantung dari durasi dan popularitas dari MC itu sendiri. Semakin lama dan populer MC yang disewa, tentunya semakin mahal pula biaya yang dibutuhkan.

Akan tetapi, di kala pandemi seperti sekarang rupanya bisnis wedding organizer dan jasa MC pernikahan pun turut terhantam. Banyak pasangan yang terpaksa mengundur pernikahan mereka atau bahkan tak jadi menyewa jasa WO dikarenakan adanya pembatasan dari pemerintah. “Penurunan sampai 90 persen. Banyak pembatalan, ada juga yang minta mundur,” kata Indri, pemilik jasa wedding organizer Nakarina, seperti dilansir Tirto.

Sebagai informasi, untuk menikah di KUA selama pandemi rupanya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Mulai dari batas kapasitas dalam satu ruangan tidak boleh lebih dari 10 orang, calon pengantin dan anggota keluarganya wajib membersihkan tangan dan menggunakan masker, serta petugas, wali nikah, dan calon pengantin laki-laki mengenakan sarung tangan & masker saat ijab kabul.

Demikian pula untuk pernikahan yang diselenggarakan di rumah ibadah/luar KUA. Calon mempelai wajib memastikan semua peserta yang hadir dalam kondisi sehat dan negatif Covid-19, membatasi jumlah peserta yang hadir maksimal 20% dari kapasitas ruang dan tidak boleh lebih dari 30 orang, serta pertemuan dilaksanakan dengan waktu seefisien mungkin.

Meskipun dibatasi, nyatanya banyak juga WO yang semakin kreatif dengan menyediakan layanan virtual wedding untuk pasangan yang ingin tetap menikah di tengah pandemi. Bahkan Nakarina menawarkan paket undangan pertemuan dengan tamu secara daring dengan harga mulai Rp15 juta. Biaya sekian sudah termasuk fasilitas virtual wedding, dekorasi green screen, rias, dokumentasi, dan makanan untuk 30 porsi.

Loading...