Ingin Ganti NRKB Ganjil/Genap? Segini Biaya Ganti Plat Nomor Mobil

Ganti Plat Nomor Mobil - www.inews.idGanti Plat Nomor Mobil - www.inews.id

ganjil-genap di wilayah DKI memang membuat sejumlah pengendara bermotor berupaya memutar otak agar bisa melewati wilayah tertentu yang selama ini memang sudah menjadi aktivitas mereka. Beberapa ada yang melakukan tindakan ilegal seperti menggunakan pelat nomor palsu. Padahal mereka sebenarnya bisa mengajukan ganti plat nomor mobil dengan angka ganjil atau genap sesuai . Biaya ganti plat mobil di kepolisian juga , tergantung pilihan kombinasi angka dan hurufnya.

Lalu bagaimana cara dan syarat untuk mengganti nomor plat mobil? Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Brigadir Jenderal Halim Pagarra menjelaskan bahwa hal tersebut dapat dilakukan di loket yang sudah disediakan di kantor Samsat ( Manunggal Satu Atap) seluruh wilayah hukum Jakarta.

“Pakai nomor pilihan, tapi bayar Pembayaran Negara Bukan Pajak (PNBP) Nomor 60 Tahun 2016. Buat saja surat permohonan habis itu bayar PNBP langsung di daftarkan dan dibawa ke Samsat. Perlihatkan STNK-nya, KTP kemudian diajukan dan membuat surat permohonan nomor pilihan baru dibayar, setelah itu nomor pilihan itu baru akan didaftarkan,” jelas Brigjen Halim di Jakarta, September 2019 lalu, seperti dilansir Gridoto.

Adapun tarif atau biaya resmi untuk penggantian pelat nomor cantik (NRKB) satu angka dan tidak ada huruf di belakang adalah Rp20 juta, tetapi jika ada huruf di belakang dikenai Rp15 juta. Kemudian untuk NRKB dua angka tanpa huruf di belakang Rp15 juta dan ada huruf di belakang Rp10 juta. NRKB tiga angka tidak ada huruf di belakang Rp10 juta, ada huruf di belakang Rp7,5 juta. Serta untuk NRKB 4 angka tanpa huruf di belakang Rp7,5 juta, jika ada huruf di belakang tarifnya Rp5 juta.

Seperti halnya pelat nomor kendaraan biasa, NRKB cantik atau pilihan tersebut berlaku selama 5 tahun dan bisa diperpanjang 5 tahun lagi, tetapi pada kode wilayah yang sama. NRKB pilihan tidak berlaku jika pemilik kendaraan dipindahtangankan pada pihak lain atau mutasi ke luar wilayah. Selain itu, NRKB pilihan tetap berlaku jika pemilik kendaraan melakukan perubahan alamat, warna, dan mesin yang masih dalam kode wilayah yang sama.

Loading...