Bisa Franchise Berkisar Jutaan Rupiah, Ini Syarat untuk Jadi Agen JNE

Personel JNE (sumber: pasundanekspres.co)Personel JNE (sumber: pasundanekspres.co)

JNE Express terus berkembang menjadi salah satu besar dan dipercaya oleh dari tahun ke tahun. Selain karena perbaikan yang ditawarkan, JNE juga bisa sukses sampai saat ini berkat peranan yang menjalin kerja sama dengan pihak JNE. Bahkan di seluruh Indonesia sudah ada ribuan agen yang tersebar untuk melayani pengiriman ke berbagai daerah. Bisnis menjadi agen JNE ini disebut-sebut cukup menguntungkan. Dengan biaya berkisar jutaan , yang didapat kabarnya berlipat ganda, terlebih karena berkembangnya sektor .

Modal atau biaya yang dibutuhkan untuk franchise JNE kabarnya berkisar Rp7 juta, dengan syarat mempunyai tempat layanan (bisa berupa toko atau ruko atau tempat ) serta memiliki kendaraan (bisa mobil atau sepeda motor). “Soal persyaratan lokasi, kami bisa meninjau terlebih dahulu. Sebaiknya lokasi berada di pusat bisnis atau lokasi yang ramai,” ujar Visi Firman, Head of Corporate Communications JNE, seperti dilansir Kontan.

Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk jadi mitra JNE. Persyaratan tersebut pun tak terlalu rumit, misalnya saja melengkapi syarat administrasi berupa surat permohonan, badan hukum usaha, fotokopi KTP, surat izin usaha perusahaan, NPWP perusahaan, pasfoto pemilik, denah dan foto lokasi, dan tidak terikat kerja sama dengan pihak lain yang memiliki usaha sejenis. “Uang administrasinya cukup Rp2 juta,” ujar Visi tahun 2012 lalu.

Ada juga klausul kesepakatan yang perlu diteken oleh calon mitra, misalnya persyaratan pajak reklame, kesepakatan setoran tunai harian, dan komitmen wajib online transaksi jika omzet mencapai Rp50 juta. Kemudian calon mitra perlu menyediakan 1 buah timbangan digital yang bertera dan kapasitas timbangnya minimal 100 kg, beserta 1 unit komputer dengan printer yang terkoneksi dengan internet.

Pihak JNE juga menetapkan target penjualan supaya kerja sama bisnis ini bisa terus berkesinambungan. “Kami memiliki target omzet untuk tiga bulan pertama,” paparnya. Adapun untuk 3 bulan pertama nilai omzet minimal adalah Rp5 juta per bulan, dengan mempertimbangkan laba yang harus didapat oleh mitra JNE. “Laba mulai dari 22% sampai 27%,” tandasnya.

Loading...