Pentingnya Perawatan Intens Mobil, Berapa Biaya Flushing AC?

Perawatan Intens AC Mobil - www.walkerjonesnissan.comPerawatan Intens AC Mobil - www.walkerjonesnissan.com

Penyejuk kabin atau AC kini menjadi penting yang diperlukan roda empat tersebut. Awet tidaknya AC mobil, tergantung dari perawatannya. Untuk itu, perawatan yang intens begitu dibutuhkan, termasuk flushing AC. Pasalnya, jika kerusakan lebih parah akan membutuhkan yang tak sedikit.

Flushing dikenal sebagai perawatan mobil yakni membersihkan oli yang terdapat di dalam AC. Flushing AC dikerjakan melalui proses komputerasi dengan lax khusus. Keuntungan yang dapat diperoleh saat memakai lax tersebut adalah service AC dapat dilakukan tanpa bongkar mobil. Tujuan dari flushing AC adalah untuk mengganti oli atau minyak pelumas serta menghilangkan kontaminasi. Oli yang sudah lama terpakai akan menyebabkan komponen-komponen dalam sistem AC mobil akan mengalami kerusakan.

Dilansir dari sejumlah , flushing AC bisa dikenai biaya mulai ratusan ribu rupiah. Biasanya beberapa bengkel di Jakarta memasang harga sekitar Rp300 ribu untuk mobil asal Jepang. Berbeda dengan mobil asal Eropa yang justru lebih mahal mencapai harga Rp1,3 juta hingga Rp4 juta sekali servis. Secara umum, nyaris semua bengkel service AC mobil telah memasukkan biaya ganti freon dan flushing sekaligus.

Service AC mobil biasanya terbagi atas advance service dan basic service. Umumnya basic service akan dilakukan ketika mobil sudah menempuh jarak sejauh 10.000 – 20.000 km atau telah berumur setahun lebih. Apabila pemilik selalu memakai AC mobil pada wilayah yang berpolusi tinggi, serta sudah menempuh jarak lebih dari 10.000 km, maka dianjurkan mulai melakukan service AC ke salah satu bengkel terdekat.

“Tak jarang ada mobil yang jumlah oli di dalam kompresornya berkurang, lantaran proses perawatan yang salah,” ujar A. Rohim, bengkel spesialis AC mobil di Joglo, Jakarta Barat.

Saat melakukan proses penggantian komponen, jika tidak disertai dengan prosedur yang benar, maka dapat membuat jumlah oli yang ada di dalam kompresor berkurang. Hal tersebut akan berakibat pada berkurangnya usia pakai kompresor. Kerusakan kompresor bisa diindikasikan oleh suara berisik yang timbul, atau tekanan yang dihasilkan rendah, sehingga dipastikan tidak optimal dalam memompa freon menuju evaporator.

“Servis kompresor bisa saja dilakukan, biasanya dengan mengganti komponen bearing lehernya. Tapi, tidak menjamin bebas dari kerusakan lainnya. Tarif servisnya pun akan lebih mahal,” tambah Usman Hadi Bayu, Service Advisor workshop Pit N Go di Ciputat, Tangerang Selatan.

Perbaikan AC mobil bersistem advance service cenderung dilakukan sekitar 2 tahun sekali. Jumlah komponen yang diperbaiki pun akan lebih banyak, seperti evaporator, kompresor dan kondensor. Bahkan, receiver dryer, filter kabin, dan expansion valve juga perlu diganti. Waktu pengerjaannya bisa mencapai 5 jam, tergantung tingkat kesulitan perbaikan semua komponen AC mobil.

Loading...