Berguna Atasi Cedera, Segini Kisaran Biaya Fisioterapi Tulang Belakang

Biaya Fisioterapi Tulang Belakang - (YouTube: Pria Senja)Biaya Fisioterapi Tulang Belakang - (YouTube: Pria Senja)

Fisioterapi atau terapi fisik merupakan prosedur yang dilakukan guna memeriksa, menangani, sekaligus mengevaluasi yang memiliki gangguan atau keterbatasan sistem gerak dan . Terapi yang dilakukan untuk mereka yang mengalami cedera, gangguan , dan sebagainya ini memakan biaya yang variatif, tergantung tingkat keparahannya dan cedera, apakah di tulang belakang, pundak, kaki, tangan, atau area tubuh lainnya.

Berdasarkan yang dirangkum dari Alodokter, biaya fisioterapi di RS Anna Pekayon Bekasi berkisar mulai Rp65 ribu, RS Evasari Awal Bros Jakarta Rp266 ribu, Immanuel Bandung mulai dari Rp332 ribu per sesi, RS PHC Surabaya mulai Rp86 ribu, Siloam Hospitals Bekasi Timur Rp120 ribu, RS Premier Jatinegara Rp110 ribu, RS Imelda Pekerja Indonesia Medan mulai Rp480 ribu, RS Mitra Keluarga Bekasi mulai Rp250 ribu, hingga di RS Menteng Mitra Afia mulai Rp23.500 per sesi. Biaya fisioterapi tulang belakang per sesi di setiap atau bisa saja berbeda-beda.

Fisioterapi sendiri biasanya perlu dilakukan selama beberapa kali sesi dengan durasi sekitar 30-60 menit. Jadi, jika dihitung tentunya bisa memakan biaya yang cukup mahal. Namun beruntung, karena fisioterapi yang dilakukan untuk indikasi medis ternyata juga ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Dengan demikian, para peserta BPJS pun tak perlu mengeluarkan biaya apapun, alias gratis.

Pengalaman fisioterapi dengan BPJS ini dirasakan langsung oleh salah satu pasien bernama Taufik Iskandardinata. “Ketika itu, saya merasakan sering pegal pundak di sebelah kiri. Saya pikir pegal biasa sehingga saat itu cukup dipijat saja. Sesekali setelah dipijat, badan merasa lebih baik. Setelah itu, saya kembali merasakan pegal. Dipijat pun tak kunjung membaik. Penderitaan itu saya rasakan selama tiga bulan. Bahkan, rasa pegal itu sempat menjangkit seharian,” kata Taufik, seperti dilansir Republika.

Kemudian, Taufik pun memeriksakan diri ke dokter dan diperoleh diagnosis bahwa rasa pegal itu dikarenakan adanya urat terjepit di bagian pundak. Akhirnya, ia pun dirujuk ke RS Immanuel untuk menjalani fisioterapi.

“Selama melakukan fisioterapi serta pengobatan di rumah sakit, tidak ada serupiah pun biaya yang dikeluarkan. Alhamdulillah semua ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Prosedur yang saya lakukan selama pengobatan sangat mudah. Begitu pun dengan fasilitas yang saya dapatkan sangat bagus,” tandasnya.

Loading...