Opsi Selain Operasi, Berapa Biaya Fisioterapi Patah Tulang?

Ilustrasi : Fisioterapi pada pasien penderita patah tulang - www.genpi.co

JAKARTA – Ketika menderita patah tulang, entah itu cedera sehabis berolahraga atau karena , biasanya opsi yang diambil adalah melakukan operasi. Padahal, tidak semua kasus patah tulang harus melakukan operasi. Anda bisa melakukan fisioterapi dengan ahlinya. Biaya yang diperlukan untuk melakukan ini pun rata-rata relatif terjangkau dibandingkan dengan operasi.

“Dalam kasus-kasus ortopedi (tulang) dan saraf kejepit, operasi selalu menjadi terakhir, apalagi jika keluhannya hanya sakit di betis atau lutut, bisa diselesaikan tanpa operasi,” papar Spesialis Bedah Ortopedi dan Traumatologi Konsultan Siloam Hospitals Kebon Jeruk (SHKJ), dr. Phedy, dilansir Berita Satu. “Hanya 10% sampai maksimal 15% kasus ortopedi itu selesai dengan operasi. Jadi, jangan bayangkan kalau ke ortopedi pasti selalu dioperasi, tidak demikian.”

Menurut dr. Phedy, tulang adalah organ yang paling unik karena mampu meregenerasi dirinya sendiri secara sempurna. Artinya, tulang yang patah bisa sembuh dengan sendiri seiring waktu tanpa perlu dilakukan operasi. ”Tugas dokter adalah mempertahankan posisinya bagus dan merangsang pergerakan secepat mungkin, sehingga tidak menemukan lagi yang sembuhnya selama berbulan bulan,” sambung dr. Phedy.

Setelah berkonsultasi dengan dokter, Anda bisa langsung ke klinik fisioterapi. Fisioterapis nantinya akan menjaga otot di daerah ankle (pergelangan kaki) dan paha, misalnya. Sebab kalau dibiarkan saja, otot di daerah tidak bekerja maksimal. “Pas patah kan, otomatis ada jaringan yang robek dan menyebabkan bengkak,” ujar salah seorang fisioterapis, Febry Aryusman.

Cara pemulihan fisioterapi patah tulang berbeda dari cedera lainnya. Fisioterapis melihat umur pasien. Ketika umur pasien masih muda, kemungkinan penyembuhan tulang pasien bisa lebih cepat. Misal, patah tulang berupa garis halus seperti rambut tetap ada jaringan yang luka. Pemulihan jaringan dilakukan di sekitar lokasi yang patah.

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk mendapatkan fisioterapi patah tulang ini? Sebenarnya, biaya bisa bervariasi, tergantung tempat klinik atau , tingkat keparahan, serta durasi . Umumnya, fisioterapis mematok Rp100 ribu hingga Rp400 ribuan per sesi, walau ada yang di bawah itu.

Loading...