BPKB Hilang atau Rusak? Segini Biaya Duplikat BPKB Mobil & Motor

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) - www.kompasiana.com

Setiap pemilik bermotor wajib mempunyai Buku Pemilik Bermotor () sebagai bukti kepemilikan bermotor yang sah. BPKB perlu disimpan baik-baik, karena jika hilang akan membuat Anda kerepotan saat hendak mengurus dan balik nama . Meski demikian, BPKB yang hilang atau rusak dapat diurus melalui proses duplikat resmi di . duplikat BPKB ini berbeda, antara sepeda dan .

Sesuai dengan PP No. 60 Tahun 2016, biaya Penerimaan Bukan Pajak (PNBP) untuk pembuatan duplikat BPKB roda dua Rp225 ribu dan roda empat Rp375 ribu. “Waktunya bisa dua-tiga bulan. Karena duplikat kan harus hati-hati jangan sampai jadi ganda dan malah bermasalah. Karena BPKB itu surat berharga,” ujar Perwira Administrasi Tata Usaha Seksi Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) Ditlantas Polda Metro Jaya Iptu Pratman, seperti dilansir CNN Indonesia.

untuk duplikat BPKB yang rusak, pemilik harus mengisi formulir dan membawa berkas seperti BPKB yang rusak, KTP, surat kuasa apabila pengurusan dilakukan oleh orang lain, serta kendaraan yang bersangkutan untuk dilakukan cek fisik.

Namun, bila BPKB-nya hilang, pemilik wajib menyertakan dokumen tambahan berupa surat keterangan regident tempat BPKB tersebut diterbitkan (khusus untuk BPKB yang hilang), fotokopi BPKB yang hilang, hingga surat pernyataan pemilik mengenai BPKB yang hilang tidak terkait kasus pidana dan/atau perdata.

Usai pemilik kendaraan mengajukan duplikat BPKB, maka pihak kepolisian akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. “Nanti akan didalami pada saat pemeriksaan, diminta keterangan untuk reserse,” terang Perwira Administrasi Tata Usaha Seksi Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) Ditlantas Polda Metro Jaya, Iptu Efri.

Efri menegaskan, meski BPKB duplikat, polisi menjamin tak akan ada masalah dengan hal tersebut ketika pemilik kendaraan suatu saat ingin menjual kendaraannya atau melakukan balik nama. “Sama saja nggak ada bedanya, kan statusnya tetap kendaraan itu, status tetap sama. Misalnya BPKB duplikat sudah jadi, kemudian untuk balik nama ya nggak masalah. Itu kan artinya dalam waktu perjalanan (proses pembuatan duplikat BPKB) sekian bulan kan sudah dicek, cek blokirnya, cek lain-lainnya. Jadi polisi menerbitkan BPKB duplikat ini kan artinya sudah melalui verifikasi yang sudah disesuaikan sekali,” tandasnya.

Loading...