Dikenal dengan Pengobatan Cuci Otak, Berapa Biaya DSA 2020?

Digital Subtraction Angiography (DSA) - stetoskoop.comDigital Subtraction Angiography (DSA) - stetoskoop.com

pengobatan “cuci otak” (brain washing) atau yang dalam istilah disebut Subtraction Angiography (DSA) sampai saat ini memang masih menimbulkan kontroversi. Terapi yang diterapkan oleh Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto saat masih dinas di Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, ini memang mendunia. DSA sendiri kabarnya mencapai puluhan juta .

“Untuk biaya antara asing dan , kami belum membuat perbedaan. Yang namanya orang sakit sama saja. Semua diperlakukan sama, tanpa pandang bulu. Sebenarnya, untuk DSA sendiri rata-rata hanya Rp23 juta atau Rp25 juta, ya sekitar itu pokoknya,” kata Terawan tahun 2018 lalu, seperti dilansir Genpi.

Lebih lanjut Terawan menjelaskan, yang menyebabkan biaya pengobatan bisa membengkak adalah karena adanya pemeriksaan lain atau penunjang medis. “Kaitannya dengan penyakit-penyakit lain yang diderita pasien. Itulah yang membuat biaya perawatan membengkak,” ungkapnya.

Lebih lanjut Terawan menerangkan, dalam tindakan DSA atau brain flushing faktor utama yang diperhatikan adalah keselamatan pasien. “Investasi paling penting (selama perawatan DSA) adalah safety (keselamatan) untuk pasien. Harga enggak terlalu dinomorsatukan. Nomor satu itu safety pasien. Sudah jadi pedoman di sini,” beber Terawan.

Terapi cuci otak dr Terawan sendiri sistemnya seperti menyemprot “gorong-gorong” aliran darah yang tersumbat dengan air yang mengandung sodium chloride. Ketika pembuluh darah lancar lagi, maka semua akan berubah dan jaringan sel pun berfungsi kembali.

Menurut Terawan, biaya DSA sebenarnya bisa di bawah Rp10 juta. Sayangnya, hingga tahun 2020 ini biaya DSA masih saja mahal. Di RS Gading Pluit misalnya, terdapat pilihan DSA non-VIP dengan biaya sekitar Rp27,3 juta, belum termasuk biaya kamar, pemeriksaan lab, dan rontgen kepala. Jika dihitung semuanya dapat mencapai Rp35 juta. Sedangkan untuk DSA kelas VIP biaya seluruhnya bisa mencapai Rp45 juta.

Sementara itu, dari hasil penelusuran di Alodokter, estimasi biaya DSA di rumah sakit seperti Mayapada Hospital Jakarta Selatan berkisar mulai Rp9,5 juta, Primaya Evasari Hospital Jakarta mulai Rp10,2 juta, dan di RS Mitra Keluarga Surabaya mulai Rp13,1 jutaan.

Loading...