Biaya Dinilai Cukup Tinggi, Peserta Training SAP Akan Mendapatkan Sertifikat

biaya, training, sap, pelatihan, di, indonesia, india, perangkat, lunak, kampus, gunadarma, lembaga, berbeda, tarif, program, mandiri, karyawan, pekerja, lepas, gaji, tinggi, internal, perusahaan, otodidak, online, gratis, mahasiswa, alumniTeknisi pemograman sistem bisnis

SAP merupakan singkatan dari Systems, Applications and Products in Data Processing. Dikembangkan di Jerman pada tahun 1972 oleh 5 orang insinyur Jerman. SAP kini terdiri dari beberapa modul, setiap modul mewakili sebuah .

SAP dapat melakukan banyak fungsi berbeda untuk mendukung kegiatan operasi perusahaan. SAP terdiri dari sejumlah besar program dan sub-program. Sebagai contoh, SAP memiliki program untuk membuat dan menyimpan order penjualan.

Software SAP tergolong mahal, dan umumnya hanya dibeli oleh perusahaan seperti Microsoft dan IBM. SAP hampir digunakan di semua perusahaan global karena kemampuan skalabilitasnya dan dapat menangani operasi bisnis di tempat berbeda.

Sedangkan untuk perusahaan kecil dan menengah, fungsi yang ditawarkan oleh SAP mungkin bisa dianggap terlalu berlebihan dan terlalu canggih untuk kebutuhan perusahaan. Ada banyak alternatif dari SAP yang lebih murah dan lebih sederhana. Alternatif-alternatif yang ada dianggap cocok untuk perusahaan kecil yang tidak memiliki anggaran yang besar untuk IT. Kekuatan dari software SAP akan maksimal ketika ini digunakan untuk mengelola perusahaan multinasional (misalnya, Coca-Cola atau Apple).

Perusahaan biasanya akan menyewa konsultan SAP untuk mengimplementasikan program SAP, dan mengurus mereka tentang bagaimana bekerja dengan SAP. SAP memiliki beberapa tingkatan, dan semua pekerjaan dengan SAP dilakukan melalui Graphical User Interface (GUI). GUI menyajikan berbagai tampilan untuk para pengguna, di mana mereka dapat memasukkan data atau membaca beberapa informasi yang diambil dari database.

Setidaknya ada dua cara untuk mempelajari SAP. Cara pertama adalah otodidak atau belajar sendiri. Anda bisa mencari materi secara online, kemudian mengaplikasikan sendiri ke . Walaupun pilihan ini termasuk yang hemat biaya, namun cara ini tergolong lumayan sulit karena harus banyak mencari mana yang tersedia secara gratis dan online. Beberapa di antaranya berbayar.

Cara kedua adalah dengan mengikuti training SAP. Beberapa tempat di sudah menyediakan pelatihan SAP, contohnya di Kampus Gunadarma. Di kampus itu menyediakan training SAP Financial Accounting dengan biaya sekitar Rp 3 juta untuk mahasiswa atau alumni. Untuk umum, biaya trainingnya sekitar Rp 6 juta.

biaya, training, sap, pelatihan, di, indonesia, india, perangkat, lunak, kampus, gunadarma, lembaga, berbeda, tarif, program, mandiri, karyawan, pekerja, lepas, gaji, tinggi, internal, perusahaan, otodidak, online, gratis, mahasiswa, alumni

Ilustrasi: para ahli SAP yang siap mengajar peserta training

Anda akan mendapatkan materi SAP lengkap untuk module pilihan Anda dan modul-modul lainnya serta latihan untuk pengambilan ujian sertifikasi konsultan SAP. Selesai dari training, Anda akan mendapatkan certificate of completion/attendance dan telah memenuhi persyaratan untuk mengambil ujian sertifikasi SAP.

SAP tidak hanya terbatas pada bidang accounting saja, tetapi juga bidang lain, dan masih banyak pilihannya. Bukan saja di kampus, tetapi training juga bisa diikuti di beberapa lembaga. Biaya atau tarif trainingnya tentu saja bisa berbeda.

Dengan training SAP, akan memudahkan seseorang dalam bekerja di sebuah perusahaan. Jika sudah menjadi ahli, mungkin seseorang itu akan lebih memilih untuk menjadi pekerja lepas karena gajinya bisa jadi lebih besar daripada menjadi karyawan internal perusahaan.

Dikarenakan pentingnya SAP, maka tidak heran apabila beberapa perusahaan mengadakan training yang bekerja sama dengan beberapa lembaga. Seperti yang dilakukan di India. Perdana Menteri untuk pengembangan kemampuan, Dharmendra Pradhan mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk mendirikan National Skill Training Institute (NSTI) untuk memenuhi permintaan mendapatkan tenaga terampil di India.

Pradhan mengatakan bahwa pendirian institut itu untuk memberdayakan pemuda untuk siap bekerja nantinya. Dan juga akan membantu mengatasi masalah migrasi. Pusat telah memperkenalkan berbagai proyek tingkat nasional seperti Make In India, India, Smart Cities, Clean India, dan lainnya.

“NSTI akan memainkan peran penting dalam membentuk tenaga kerja yang terampil. Hal itu juga akan membantu pemuda untuk mandiri dan menjalani hidup dengan bermartabat,” ujar Pradhan.

NSTI akan memberikan pelatihan di berbagai institut pendidikan dan tempat lainnya. “NSTI sedang dipertimbangkan sebagai tempat untuk melengkapi kegiatan pelatihan di India,” tambah Pradhan.

biaya, training, sap, pelatihan, di, indonesia, india, perangkat, lunak, kampus, gunadarma, lembaga, berbeda, tarif, program, mandiri, karyawan, pekerja, lepas, gaji, tinggi, internal, perusahaan, otodidak, online, gratis, mahasiswa, alumni

Sertifikat resmi setelah mengikuti training SAP

Salah satu materi yang akan diberikan dalam pelatihan adalah SAP. Pelatihan SAP akan dilatih oleh pelatih NSTI Bhubaneshwar pada perangkat lunak Business One. Setelah pelatihan, para peserta akan menjalankan program secara mandiri.

Lembaga modern NSTI juga akan memberikan pelatihan kepada para pelatih yang mengajar di berbagai ITI dan institut pendidikan berbasis keterampilan lainnya. “NSTI sedang dipertimbangkan sebagai one stop shop untuk melengkapi kegiatan pelatihan di negara ini. Kami bertujuan untuk memiliki satu NSTI di setiap bagian di India, sesegera mungkin,” tambahnya.

Untuk memastikan waktu dimulainya kursus paling cepat, sebuah nota kesepahaman (MoU) ditandatangani dengan National Small Industries Corporation (NSIC) untuk memulai kursus NSTI di tempat di Mancheswar.

Kursus untuk melengkapi teknologi yang akan datang dilakukan untuk memenuhi Industry 4.0, penggunaan Internet of Things (IoT) di bidang , smart city, dan perawatan di samping kursus lainnya di bidang mekatronik dan perbaikan seluler yang akan menjadi sorotan utama dalam pelatihan ini.

Berbicara mengenai fasilitas, Kementerian juga mengendalikan pemimpin industri seperti IBM, NASSCOM dan SAP melalui pemahaman untuk mengembangkan kursus tentang teknologi terbaru, yang akan disampaikan di NSTI.

MoU lain ditandatangani antara Direktorat Pelatihan Umum dan SAP, di mana SAP akan dilatih oleh sekelompok pelatih di NSTI Bhubaneshwar yang mengajarkan tentang perangkat lunak bisnis One. Setelah pelatihan, pelatih NSTI Bhubaneswar akan memberi perintah untuk menjalankan program SAP secara mandiri.

Sementara itu, Presiden dan Direktur Pelaksana, SAP India, Deb Deep Sengupta mengatakan, “Kemitraan ini akan meningkatkan tujuan SAP untuk meningkatkan kemampuan kerja yang diprakarsai teknologi di India melalui inisiatif kami yang sedang berlangsung seperti Bharat ERP dan Code Unnati,” ujarnya.

Loading...