Terapi untuk Program Hamil, Ini Kisaran Biaya Diatermi

Biaya Diatermi - www.hindustantimes.comBiaya Diatermi - www.hindustantimes.com

JAKARTA – Jika Anda sering mengalami kaki, bahu, leher, punggung, sinusitis, atau peradangan pada organ reproduksi sehingga menyulitkan untuk , diatermi mungkin menjadi salah satu yang dapat Anda coba. Biasanya dilakukan beberapa kali, untuk diatermi ini mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah untuk sekali kunjungan.

“Diathermy adalah suatu teknik fisioterapi yang menonjolkan suhu panas atau hangat (38 sampai 45 derajat Celcius) untuk mencapai target organ dan manfaatnya,” ujar dr. Ulfi Umroni, dilansir dari Alodokter.com. “Ada tiga diatermi yang sering dilakukan, yakni SWD (short wave diathermy), ultrasound diathermy, dan microwave diathermy.”

Dari ketiga jenis tersebut, short wave diathermy menjadi yang paling banyak digunakan. Pasalnya, terapi tersebut diklaim memiliki manfaat dan kemampuan suhu panas masuk ke dalam jaringan tubuh yang lebih besar dibandingkan diatermi lainnya. “Beberapa manfaat SWD adalah menyembuhkan radang, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi nyeri, meningkatkan daya tahan jaringan, dan membantu mengurangi ketegangan otot,” sambung dr. Ulfi.

Terapi diatermi pun juga bisa dipilih oleh pasangan yang mengalami gangguan kesuburan atau infertilitas. Infertilitas sendiri, menurut keterangan Prof. Dr. dr. Ichramsyah A. Rachman, Sp.OG-KFER, pakar di bidang infertilitas, bukan berarti pasangan tidak dapat memiliki keturunan, namun hal tersebut bisa disebabkan adanya faktor-faktor tertentu.

Perawatan yang dilakukan pada tahap HIC untuk mengatasi infertilitas pada wanita memiliki tahapan-tahapan. Pertama adalah hidrotubasi, Hystero Salpingo Graphy/HSG, diatermi, Ultrasonography Saline Infusion Sonohystereography, imunologi, inseminasi, dan USG folikel untuk melihat kondisi sel telur. Kemudian, laparaskopi yang berfungsi melakukan diagnosis dan terapi genitalia interna.

Jika Anda juga berminat mencoba terapi diatermi, sudah banyak rumah sakit yang menyediakan ini. Menurut bocoran salah satu pasien, biaya terapi diatermi di RS Dewi Sri, Karawang berkisar Rp550 ribu per satu seri terapi diatermi (10 kali), sedangkan di RS Harapan Keluarga Bekasi mulai Rp60 ribuan satu kali terapi dan RS Mitra Keluarga Bekasi mulai Rp96 ribuan sekali terapi. Sementara, di RS Siloam Lippo Cikarang, untuk sekali terapi diatermi, dikenakan biaya Rp150 ribuan.

Loading...