Ingin Merapatkan Gigi Renggang? Biaya Diastema Closure Berkisar Rp400 Ribuan

Hasil Merapatkan Gigi Renggang - id.pinterest.comHasil Merapatkan Gigi Renggang - id.pinterest.com

Tiap orang tentunya mendambakan yang bersih dan juga tersusun rapi agar meningkatkan kepercayaan diri ketika berkomunikasi dengan orang lain. Namun tak semua orang memiliki rapi dengan susunan yang rapat. Ada juga yang memiliki bercelah atau renggang. Permasalahan yang kerap disebut diastema ini kabarnya bisa ditangani dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan teknik diastema closure yang biaya perawatannya lebih dibanding behel.

Menurut drg Erlis Merisa, gigi bercelah adalah suatu kasus di mana ada ruangan atau jarak yang terdapat antar gigi. “Ini juga biasa disebut dengan diastema. Penyebabnya ada beberapa ,” ungkap drg. Erlis, seperti dilansir Riaupos.

Salah satu faktor disebabkan karena pencabutan salah satu gigi yang memengaruhi susunan pada lengkung gigi, sehingga menyebabkan munculnya ruang kosong antar gigi. Lalu faktor lain karena tingginya frenulum atau pada , hingga ketidaksesuaian antar lengkung gigi dan lengkung rahang.

“Misalnya, lengkung rahang yang besar namun lengkung giginya kecil. Sehingga menimbulkan jarak antar gigi. Ketiga faktor ini dapat menyebabkan terjadinya celah pada gigi yang juga berisiko bagi kesehatan gigi,” ungkapnya.

Lebih lanjut drg. Erlis mengungkapkan, dampak atau risiko dari diastema tersebut sebenarnya tak terlalu fatal. Tetapi gigi renggang biasanya berisiko mengalami impaksi atau sisa-sisa yang menumpuk dan sulit dibersihkan di antara celah gigi, sehingga memungkinkan timbulnya karies gigi.

Ia pun mengungkapkan, sebenarnya tak banyak pasien yang mengeluhkan gigi bercelah akibat risiko kesehatan yang dirasakan. “Keluhan terbesar dari pasien gigi bercelah adalah masalah estetik yang berujung pada minder dan menurunnya kepercayaan diri. Terlebih saat berkomunikasi dengan orang lain,” tuturnya.

satu ini pun memaparkan, setidaknya ada sejumlah cara yang dapat dipilih pasien dengan diastema, mulai dari ortodonti, pemasangan gigi tiruan, penambalan atau veneer gigi, hingga frenektomi, atau sebagainya. Adapun untuk teknik diastema closure biasanya membutuhkan biaya sekitar Rp400 ribu per gigi. Biaya diastema closure ini bisa berbeda-beda antar tiap klinik atau rumah sakit.

Loading...