Tak Hanya Iuran, Biaya Denda BPJS Kelas 1 Tahun Ini Juga Naik

Biaya Denda untuk KesehatanBiaya Denda untuk Kesehatan

Badan Penyelenggara atau BPJS merupakan yang menyelenggarakan jaminan sosial bagi seluruh rakyat . Mulai tahun 2021 ini besaran iuran BPJS Kesehatan mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020, yakni sebesar Rp35 ribu untuk kelas 3, Rp100 ribu untuk kelas 2, dan Rp150 ribu untuk kelas 1. Bagi peserta BPJS Kesehatan yang telat bayar iuran BPJS akan dikenakan yang telah diatur dalam Perpres yang sama pasal 42.

Dalam Perpres No 64 Tahun 2020 pasal 42 dijelaskan bahwa besaran denda untuk keterlambatan pembayaran iuran BPJS pada 2020 sebesar 2,5% dari perkiraan paket Indonesian Case Based Groups (ICBG). Tetapi, pada tahun 2021 naik dari 2,5% menjadi 5% dari perkiraan paket ICBG. Denda tersebut akan dikenakan pada peserta dan/atau pemberi kerja yang tidak membayar iuran sampai dengan akhir bulan. 

Apabila tunggakan iuran tidak dibayar, maka penjaminan peserta BPJS Kesehatan akan dihentikan sementara mulai tanggal 1 pada bulan berikutnya. “Kalau belum bayar enggak aktif. Dikunci sistemnya. Kalau dibayar, dibuka lagi,” ucap Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma’ruf, seperti dilansir Kompas.

Kemudian, untuk memertahankan status kepesertaan supaya tetap aktif, peserta BPJS Kesehatan wajib melunasi sisa iuran bulan yang masih tertunggak seluruhnya paling lambat 2021. Di samping itu, dalam pasal 42 ayat 5 disebutkan bahwa dalam waktu 45 hari sejak status aktif kepesertaan aktif kembali, peserta wajib membayar denda kepada BPJS Kesehatan untuk setiap pelayanan kesehatan rawat inap tingkat lanjutan yang diperolehnya.

Lebih lanjut Iqbal menuturkan, saat peserta BPJS Kesehatan menunggak dan dirawat inap di serta masih dalam jangka waktu 45 hari sejak status kepesertaannya aktif, maka akan dikenai denda. “Artinya kalau di luar 45 hari dan bukan rawat inap di RS, tidak terkena denda ,” imbuhnya. Misalnya, apabila peserta hanya memakai BPJS untuk periksa di puskesmas, maka peserta BPJS Kesehatan tidak akan kena denda.

Besaran denda tunggakan iuran BPJS tahun ini sebesar 5% dari perkiraan biaya paket ICBG berdasarkan diagnosis dan prosedur awal untuk setiap bulan tertunggak. Ketentuannya adalah jumlah bulan tertunggak paling banyak 12 bulan dan besar denda paling tinggi Rp30 juta.

Loading...