Biaya dari Malang ke Lombok Via Darat Ternyata Lebih Murah dari Naik Pesawat!

Tempat Wisata di Lombok - marlionllc.com

Nyepi yang berlangsung pada Sabtu, 17 Maret 2018 kemarin rupanya turut membuat pariwisata di Lombok kecipratan rezeki. Bagaimana tidak? Ibadah Nyepi di Dewata membuat aktivitas di sana pun otomatis turut terhenti selama sehari penuh. Oleh sebab itu sebagian besar wisatawan memutuskan untuk melanjutkan mereka ke Lombok saat Nyepi. Terlebih karena biaya ke Lombok pun relatif terjangkau.

Menurut Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) NTB Hadi Faisal, para biasanya memutuskan ke Lombok karena ingin merasakan nuansa yang berbeda. Di Lombok mereka masih dapat berwisata sekaligus tetap merasakan suasana Nyepi. “Dari kemarin terlihat arus kunjungan wisman terus berdatangan. Domestik juga terus meningkat 300 orang mahasiswa dari Sidoarjo datang. Setidaknya ada 2 kegiatan meeting dan penelitian yang tetap dilakukan,” kata Hadi di Mataram, Jumat (16/3), seperti dilansir Tempo.

Lebih lanjut Hadi menjelaskan, kebanyakan wisatawan yang datang saat Nyepi biasanya menggunakan hotel-hotel di Lombok untuk menggelar pertemuan seperti seminar dan meeting. “Okupansi juga bertambah karena banyaknya wisatawan yang direct dari bali ke tiga gili, begitu juga Senggigi Lombok,” beber Hadi.

Seperti diketahui, perjalanan wisata ke Lombok biasanya masih harus melalui Bali terlebih dahulu, apalagi bagi para backpacker yang naik moda transportasi darat seperti atau kereta api, kemudian transit ke Pelabuhan Padangbai dan melanjutkan perjalanannya untuk menyeberang ke Pulau Lombok.

Sebenarnya para wisatawan yang ingin berangkat dari ke Lombok juga bisa menempuh perjalanan yang lebih praktis dengan naik . Namun harga tiket dari ke Lombok memang relatif mahal, berkisar mulai Rp 756 ribuan hingga mencapai Rp 1,4 jutaan. Jika ingin yang lebih terjangkau, tersedia bus eksekutif Tiara Mas yang berangkat dari Terminal Arjosari ke Mataram dengan berkisar Rp 325 ribu.

Namun untuk yang senang menghemat biaya dan memiliki tenaga lebih bisa naik KA (kereta api) Tawang Alun dari Malang ke Banyuwangi seharga Rp 62 ribuan, kemudian lanjut ke Pelabuhan Ketapang untuk menyeberang ke Gilimanuk dengan biaya sekitar Rp 7.500. Sampai di Gilimanuk, lanjutkan perjalanan ke Padangbai dengan naik bus seharga Rp 40 ribuan.

Jika sudah tiba di Padang Bai, wisatawan bisa naik kapal ferry dengan harga tiket Rp 36 ribuan ke Pelabuhan Lembar Lombok. Nah, setelah tiba di Lembar, barulah naik kendaraan menuju Mataram atau kota lainnya tempat penginapan berada dengan biaya transportasi sekitar Rp 15 ribuan. Total biaya dari Malang ke Lombok dengan moda kereta api ini relatif lebih murah namun perlu berpindah-pindah moda transportasi dari satu tempat ke tempat lainnya.

Loading...