Tak Hanya Menabung, Nasabah Bisa Cetak Emas di Pegadaian dengan Biaya Mulai Rp40 Ribu

Biaya cetak emas di pegadaianBiaya cetak emas di pegadaian - panduanbank.com

Selain menawarkan jual beli batangan maupun perhiasan, PT (Persero) juga memiliki Emas yang sejak beberapa tahun belakangan ini diminati masyarakat Indonesia. Menurut orang-orang yang memiliki pengalaman menabung emas di , harga jual emas di sana lebih murah dibandingkan . Selain itu, emas di Pegadaian pun bervariasi, tergantung denominasi tabungan emas yang hendak dicetak.

Lantas mengapa di Pegadaian lebih murah? “ kami kan lebih murah dari harga yang ada di luar, sebut saja harga Antam atau harga yang lain. Kenapa murah? Karena harga Pegadaian belinya satu kilogram emas. Tapi kalau kalian beli yang 0,5-1 gram itu ada ongkos cetak, nah itu yang membuat lebih mahal. Makanya kalau kalian mau beli untuk investasi, bukan pajangan, beli di Pegadaian lebih murah,” kata Direktur TI dan Digital Pegadaian Teguh Wahyono, seperti dilansir Detik.

Teguh menambahkan, para nasabah pun berkesempatan memperoleh keuntungan seperti investasi emas yang lain. Misalnya saja saat menjual emas lebih tinggi dari harga beli atau sesuai harga emas pada saat itu. “Untungnya itu didapat kalau beli berapa, kalau pas jual berapa, namanya capital gain,” ucap Teguh.

Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto menambahkan, biaya yang ditarik oleh Pegadaian untuk tabungan emas juga relatif terjangkau dan biaya di luar biaya titip emas pun hanya dilakukan sekali. “Kita cuma kasih biaya sekali, biaya titip ada tapi hanya Rp30.000. Kalau mau jual emas tidak dikenakan biaya,” katanya

Adapun biaya administrasi awal untuk menabung emas di Pegadaian hanya sebesar Rp10.000 dan biaya titipan selama 12 bulan hanya Rp30 ribu. Setelah menabung dalam jangka waktu atau nominal tertentu, nasabah Pegadaian pun bisa mencetak saldo tabungan emas dalam bentuk emas batangan jenis Antam atau UBS dengan pilihan keping mulai dari 1, 2, 5, 10, 25, 50, 100 gram.

Adapun biaya cetak emas di Pegadaian untuk jenis cetakan Antam 1 gram adalah Rp85 ribu dan UBS Rp40 ribu. Sedangkan nominal paling besar 100 gram dikenai biaya cetak Rp632 ribu untuk Antam atau Rp507 ribu untuk UBS.

Loading...