Termasuk Komponen Biaya dalam Jual-Beli Saham, Berapa Besaran Broker Fee?

Biaya Broker Fee - www.courthousenews.comBiaya Broker Fee - www.courthousenews.com

jual beli di Efek (BEI) terdiri dari beberapa komponen . Oleh sebab itu, seorang setidaknya harus mempunyai dana yang cukup di rekening investasinya. Salah satu komponen biaya dalam jual beli saham adalah biaya komisi broker saham alias brokerage fee.

Komisi broker saham adalah biaya yang dibebankan oleh pihak sekuritas terhadap investor dalam rangka penyampaian order transaksi, baik jual maupun beli saham ke dalam sistem perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Adapun broker fee di tiap sekuritas berbeda-beda, umumnya antara 0,15 – 0,25% hingga 0,25% – 0,35% dari nilai transaksi saham (sudah termasuk pajak pertambahan nilai/PPN sebesar 0,03% dari transaksi), dan ditambah pajak penghasilan (PPh) 0,1% khusus untuk transaksi penjualan saham. Selain biaya broker saham, investor pun akan dikenai komponen biaya lain seperti biaya transaksi (levy). Dilansir CNBC Indonesia, besaran levy adalah 0,04% dari nilai transaksi. Jika ingin aktivitas jual beli saham berlangsung dengan lancar dan nyaman, para investor pun disarankan memilih sekuritas dan broker atau pialang saham terpercaya.

Pada tahun 2016 lalu, berdasarkan hasil Kajian Minimum Brokerage Fee oleh PricewaterhouseCoopers, akhirnya Anggota Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI) menyetujui penetapan besaran Standar Imbalan Jasa Brokerage (minimum fee). Dengan demikian, besaran fee beli adalah 0,20% dan fee jual 0,30%. Sedangkan untuk transaksi online besar fee beli 0,18% dan fee jual 0,28%.

Besaran Standar Imbalan Jasa Brokerage (minimum fee) tersebut berlaku efektif mulai 1 Januari 2017 untuk transaksi reguler di luar crossing, DM, Algo-Trading/SDA, Program trading, dan nasabah afiliasi. Namun ketentuan ini tak berlaku untuk transaksi terkait tax amnesty.

“Jadi ketentuannya itu transaksi di pasar reguler saja, jadi transaksi negosiasi tidak, transaksi algo (transaksi otomatis), transaksi terafiliasi juga itu dikecualikan. Transaksi tax amnesty juga dikecualikan. Tapi berlaku untuk pasar reguler baik klien retail dan institusi,” ujar Koordinator Komite Ketua Umum APEI Susy Meilina yang menjabat tahun 2016 lalu, seperti dikutip dari Detik.

Loading...