Biaya Bervariasi, Prosedur Mematikan Saraf Bantu Proses Cabut Gigi

Biaya Bervariasi, Prosedur Mematikan Saraf Bantu Proses Cabut Gigi

Rasa sakit dan ngilu ketika berlubang memang bukan hal yang menyenangkan. Nah, agar rasa sakit tersebut tidak berkelanjutan, biasanya gigi bakal merekomendasikan agar gigi berlubang itu untuk segera dicabut. Sebelum pencabutan gigi, umumnya akan mematikan gigi terlebih dulu agar tidak sakit dan akan dikenakan puluhan hingga ratusan ribu untuk ini.

Sakit gigi sendiri bisa terjadi karena bagian tengah gigi yang sensitif, disebut dengan pulpa, menjadi meradang. Peradangan pada bagian pulpa ini dapat terjadi karena berbagai alasan, antara lain gigi berlubang, benturan pada gigi, atau infeksi yang terjadi pada gusi. Peradangan pada pulpa ini bisa sangat menyakitkan karena tekanan tinggi di dalam ruang pulpa.

“Berbagai macam kerusakan pada gigi harus segera ditangani oleh dokter gigi, mulai kerusakan yang ringan hingga kerusakan parah. Perawatan ini dimulai dari mematikan saraf yang biasanya menggunakan jarum suntik hingga cabut gigi,” ujar drg. Lia Hamada. “Sayangnya, kebanyakan orang memperbaiki gigi ketika sudah rusak parah.”

Nah, khusus untuk mematikan saraf, dokter gigi biasanya menggunakan yang disuntikkan atau memberikan resep kepada pasien. Proses mematikan saraf gigi ini juga tidak perlu menggunakan rontgen (dental radiograf) terlebih dahulu karena sifatnya hanya sebagai ‘pemeriksaan penunjang’. “Rontgen gigi merupakan gambaran gigi, tulang, dan jaringan lunak di sekitarnya yang membantu mendeteksi masalah pada gigi dan hanya pemeriksaan penunjang,” ungkap dr. Jati Satriyo.

Meski demikian, jika dokter gigi Anda memberikan resep obat yang mengandung arsen untuk mematikan saraf pada gigi Anda, Anda perlu berhati-hati, terutama para perempuan yang sedang menyusui. Pasalnya, penggunaan arsen di bidang kedokteran gigi sudah semakin ditinggalkan karena bahan tersebut diklaim bersifat toksik dan dapat menyebabkan kematian jaringan lunak (seperti gusi).

“Arsen yang digunakan untuk mematikan saraf akan dimasukkan ke dalam lubang gigi yang telah dipersiapkan, kemudian ditutup dengan tambalan sementara,” kata drg. Martha Mozarta, seperti dikutip Klikdokter. “Bila tambalan sementara bocor, arsen dapat keluar, dan bila hal itu terjadi, risikonya semakin besar, terutama jika kondisi Anda saat ini sedang menyusui.”

Loading...