Penting Dilakukan Secara Berkala, Berapa Biaya Bersihkan AC?

Ilustrasi: proses membersihkan AC (sumber: dealsee.co)Ilustrasi: proses membersihkan AC (sumber: dealsee.co)

Air conditioner () sudah seharusnya menjalani dan pembersihan secara berkala untuk menjaga udara yang dihasilkan. Jika tidak dibersihkan dengan benar, udara yang dihasilkan oleh mesin udara ini tentunya akan sangat terpengaruh. Sayangnya, banyak pengguna AC yang belum menyadari pentingnya hal tersebut. Padahal bersihkan AC tidak terlalu mahal.

Di sejumlah penyedia , biaya service untuk membersihkan atau cuci AC rumah 0,5-1 PK dipatok mulai Rp65 ribu, sedangkan untuk cuci AC 1,5-2 PK atau yang dikenakan mulai Rp70 ribu. Lain lagi dengan jasa membersihkan AC mobil, biayanya lebih besar lagi. Di beberapa bengkel AC mobil biaya untuk membersihkan AC bisa mencapai Rp600 ribu hingga Rp800 ribuan. Tetapi, bila membersihkan AC mobil sendiri kabarnya hanya butuh biaya antara Rp50 ribu sampai Rp150 ribuan.

Sebelumnya, pastikan mobil diletakkan di tempat yang bersih dan tidak berdebu untuk memberi sirkulasi udara yang baik. “Setelah mobil sudah berada di tempat yang aman, kamu bisa mulai menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan, mulai dari sikat gigi, brush, cairan pembersih mobil, tissue ataupun lap kering yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan AC mobil,” demikian seperti dilansir Cekaja.

Kemudian cari lokasi blower yang biasanya ada di bagian glove box. Apabila kondisi filter AC mobil tak terlalu kotor, filter dapat dibersihkan saja dengan sikat biasa. Tetapi jika kondisinya sudah sangat kotor, sebaiknya filter AC mobil segera diganti karena untuk dibersihkan pun akan terlalu sulit.

Selain disikat, pembersihan AC mobil bisa memanfaatkan cairan khusus pembersih AC mobil yang berjenis foam (spray). Semprotkan spray pada arah blower, kemudian nyalakan AC mobil sekitar 5 menit supaya embun bisa keluar dari permukaan evaporator dan membasahi permukaannya. Selanjutnya, arahkan selang cairan pembersih AC lewat filter AC ke bagian blower. Apabila sudah mengarah dengan benar, semprotkan cairan itu secukupnya sekitar 2-3 kali semprot. Bagaimana? Cukup mudah kan membersihkan AC sendiri di rumah?

Loading...