Biaya Belasan Juta Rupiah, Sertifikat Training BOSIET OPITO Penting Dimiliki Pekerja Offshore

Ilustrasi : Training BOSIET OPITO - www.jakartafamilia.com

Basic Offshore Safety Induction & Emergency Training atau BOSIET adalah yang diakui oleh lembaga non-profit Offshore Petroleum Industry Training Organization (OPITO) untuk para pekerja lepas pantai (offshore). BOSIET dianggap penting untuk dimiliki pekerja lepas pantai demi melatih mereka mencegah dan bertindak dalam keadaan darurat yang mungkin terjadi ketika bekerja di lepas pantai. Training ini dirancang untuk pekerja lepas pantai di perairan dingin.

Training yang diakui sebagai terbaik di dunia ini telah diadopsi oleh dan gas internasional di lebih dari 45 negara. Materai training BOSIET yang tersertifikasi OPITO meliputi pengenalan keselamatan, pemadaman kebakaran & penyelamatan diri, ketahanan di laut & perahu darurat (TEMPSC), pertolongan pertama & hipotermia, serta Helicopter Safety Procedures & Helicopter Underwater Escape Training (HUET) termasuk penggunaan Emergency Breathing Systems (EBS) dan Survival Suits.

Di Indonesia, salah satu provider atau penyedia training BOSIET resmi OPITO yang cukup terkenal adalah Samson Tiara (ST). Sayangnya Samson Tiara tidak mencantumkan secara rinci berapa besaran biaya pelatihan BOSIET di website resminya. Pihak Samson Tiara menyarankan calon peserta untuk langsung menghubungi Samson Tiara untuk mendapatkan penawaran biaya investasi terbaik.

Lewat situs resminya Samson Tiara hanya mengungkapkan bahwa biaya training BOSIET terdiri dari beberapa pilihan, yakni Royale Krakatau dengan biaya mulai Rp 937 ribu per malam per orang atau menginap di Hotel Amaris dengan mulai Rp 643.500 per malam per orang. Biaya training BOSIET di Samson Tiara sudah termasuk transportasi dari dan menuju titik penjemputan di Jakarta ke pusat pelatihan di Cilegon, transportasi ke hotel, buku kegiatan, makan siang, penggunaan semua peralatan, hingga sertifikat.

Berdasarkan dari beberapa sumber, biaya training BOSIET OPITO selama 3 hari beberapa tahun lalu berkisar USD 1.350 atau sekitar Rp 18,8 jutaan jika dikonversikan dalam . Sertifikat BOSIET sendiri berlaku selama 4 tahun. Jika sudah ambil sertifikat BOSIET, pekerja offshore tak perlu lagi mengambil sertifikasi Helicopter Underwater Escape Training (HUET) dan Basic Sea Survival (BSS).

Tahun 2017 lalu OPITO juga mengembangkan training BOSIET berbasis online di Kuala Lumpur. Pelatihan online ini dianggap jadi alternatif untuk pembelajaran berbasis kelas. “Kami mengakui bahwa sebagai , kami harus beradaptasi dan menjadi lebih fleksibel untuk tenaga kerja saat ini dan berbiaya terbatas. Ini membutuhkan perombakan cara kita berpikir tentang melatih orang dan menilai kompetensi. Ruang kelas telah menjadi model standar untuk belajar selama ratusan tahun, tetapi sekarang waktunya untuk melakukan berbagai hal secara berbeda,” kata John McDonald, CEO OPITO, seperti dilansir World Oil.

Loading...