Ingin Balik Nama Rumah Hibah? Ini Perhitungan Biayanya

Rumah Hibah - themortgagereports.comRumah Hibah - themortgagereports.com

JAKARTA – Tidak cuma sepeda motor yang perlu jika pindah kepemilikan, dan juga. Jika Anda kebetulan mendapatkan hibah atau warisan , untuk menghindari sengketa di kemudian hari, sebaiknya Anda juga perlu mengurus balik nama sertifikat . Biaya yang diperlukan tergantung dari NJOP (Nilai Jual Objek Pajak), dengan biaya tambahan seperti pengecekan keabsahan.

Dilansir dari situs resmi Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kementerian Agraria dan Tata Ruang, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk melakukan balik nama sertifikat tanah atau rumah. Sejumlah tersebut antara lain formulir permohonan, surat kuasa apabila dikuasakan, fotokopi identitas pemohon (KTP, KK), sertifikat rumah/tanah asli, serta fotokopi SPPT dan PBB tahun berjalan.

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk mengurus balik nama sertifikat rumah hibah ini? Jika Anda mengurus balik nama sertifikat melalui bantuan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), dilansir dari Rumah123.com, biaya yang diperlukan sekitar 0,5 persen sampai 1 persen dari total nilai untuk biaya honorarium PPAT (termasuk saksi).

Selain itu, Anda juga perlu membayar Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Karena, merujuk Undang-Undang Nomor 20 tahun 2000, perolehan hak karena surat waris dan surat hibah tanah wasiat merupakan objek pajak. Jadi, pada hakikatnya telah terjadi pemindahan hak dari pewaris kepada ahli waris. Di DKI Jakarta, BPHTB bisa 0 persen dengan tertentu, seperti diatur Perda 18/2010.

“Pada saat membayar kewajiban ini, ahli waris mendapatkan keringanan potongan 50 persen dari pajak pembeli dan nilai pengurangan NJOP yang berlaku untuk waris atau hibah wasiat,” tutur Boy Hazuki Rizal, Biro Perencana Keuangan Rizal Planner & Rekan, dilansir Investor.id. “Besarnya 50 persen dikalikan 5 persen (NJOP – NJOPTKP).”

Kemudian, ada juga biaya pelayanan informasi untuk Nilai Tanah dan Nilai Aset Properti per bidang sebesar Rp50.000, biaya pengecekan sertifikat tanah sebesar Rp50.000, serta biaya pelayanan balik nama sertifikat di Kantor Pertanahan. Melansir situs resminya, biaya administrasi balik nama sertifikat ditentukan dengan rumus nilai jual tanah dibagi 1000.

Loading...