Termasuk Persyaratan Utama, Berapa Biaya Akta Notaris Pendirian Koperasi?

Biaya Akta Notaris - www.jumlaw.comBiaya Akta Notaris - www.jumlaw.com

Koperasi merupakan badan yang berlandaskan azas kekeluargaan yang bertujuan untuk memenuhi para di bidang . Dalam mendirikan koperasi, baik koperasi di bidang usaha umum maupun koperasi simpan pinjam, terdapat beberapa biaya dan persyaratan yang perlu dipenuhi, salah satunya akta notaris pendirian koperasi.

Sejak bulan Juni 2021 lalu, Kementerian Koperasi dan UKM meluncurkan template anggaran dasar pendirian koperasi yang simpel dan diharapkan dapat mempermudah ketika hendak membuat anggaran dasar untuk keperluan pendirian koperasi.

“Dalam waktu dekat, Kementerian Koperasi dan UKM-Deputi Bidang Perkoperasian template akta pendirian koperasi yang berisikan anggaran dasar dengan sistematika yang telah disederhanakan akan diperkenalkan ke publik,” kata Deputi Bidang Perkoperasian Ahmad Zabadi di Jakarta, (21/6/2021), seperti dilansir Okezone.

Zubaidi mengharapkan hal ini dapat memberi untuk Gerakan Koperasi, lantaran template akta pendirian koperasi tak lagi mencapai 50 halaman, melainkan tidak lebih dari 17 halaman. “Akta Pendirian Koperasi adalah akta perjanjian yang dibuat oleh para pendiri dalam rangka pembentukan Koperasi, sehingga template yang kami siapkan tidak menjadi baku dan wajib, tetapi sebagai bentuk terkait substansi yang harus diatur di dalam Akta Pendirian (Anggaran Dasar),” terangnya.

Menurutnya, yang penting adalah pemahaman dari para pendiri koperasi mengenai hal-hal apa saja yang harus diatur dalam Akta Pendirian sebelum dilakukan pembentukan koperasi. “Kami berharap Ikatan Notaris Indonesia (INI) khususnya Notaris Pembuat Akta Koperasi (NPAK) mempunyai persepsi yang sama bahwa ini adalah bagian dari kemudahan berusaha, sehingga Notaris nantinya mempercepat pembuatan akta serta menyesuaikan biaya pembuatan akta pendirian koperasi, karena akta pendirian koperasi nantinya lebih sederhana atau simpel,” pungkasnya.

Sebagai gambaran, pada 2014 lalu Kementerian Koperasi dan UKM telah membebaskan biaya akta pendirian koperasi khusus untuk pelaku usaha mikro. Sebelumnya, komponen biaya akta notaris pendirian koperasi tersebut berkisar antara Rp1,5 juta sampai Rp3 jutaan. Selain mengurus pendirian koperasi sendiri, kini juga banyak penyedia jasa pendirian koperasi di wilayah Jakarta dengan biaya antara Rp20 juta sampai Rp22,5 untuk bidang usaha umum/jasa dan sekitar Rp40 juta untuk bidang simpan pinjam.

Loading...