Biasa Ditujukan Bagi Ibu Hamil, Harga Asam Folat Generik Sekitar Rp 30 Ribuan

asam, folat, generik, dosis, orang, dewasa, aman, konsultasi, dokter, di, apotek, harga, folic, acid, simpan, di, suhu, ruang, tablet, injeksi, oral, aman, vitamin, B, hamil, anemia, onlineIlustrasi: mengonsumsi pil suplemen (sumber: medium.com)

sering didengar terutama bagi yang merencanakan dan sedang hamil. Asam folat adalah jenis vitamin B yang membantu tubuh Anda memproduksi dan mempertahankan sel-sel baru, dan juga membantu mencegah perubahan DNA yang dapat menyebabkan kanker.

Sebagai , asam folat digunakan untuk mengobati kekurangan asam folat dan beberapa jenis anemia (kekurangan sel darah merah) yang disebabkan oleh kekurangan asam folat. Asam folat bisa tersedia dalam bentuk kombinasi dengan zat besi sebagai tablet penambah darah generik. Tablet ini biasanya mengandung asam folat sebesar 0,25 mg dan ferro sulfat sebesar 200 mg.

Di , tersedia asam folat generik yaitu Folic Acid 1 mg (1000 mikrogram) isi 100 tablet yang dijual dengan Rp 30 ribuan. Anda bisa membelinya di apotek, bisa juga membelinya secara online.

Menurut dr. Debtia Rahmah, “Asam folat tersedia dalam bentuk sediaan tablet dan injeksi. Tablet asam folat tersedia dalam 3 bentuk sediaan, 400 mcg, 800 mcg, dan 1 mg. Asam folat injeksi tersedia dalam 1 mL dengan konsentrasi 5 mg/mL (2,14ml),”ujarnya.

Asam folat juga tersedia dalam bentuk multivitamin yang ditujukan untuk ibu hamil dan menyusui dengan kandungan yang bervariasi antar produk. Salah satu contoh dari multivitamin tersebut di antaranya mengandung asam folat, ferronyl, asam askorbat, vitamin B1, B2, B6, B12, nicotinamide, dan calcium pantothenate.

Cara penggunaan asam folat yang dianjurkan adalah secara oral sehari sekali dan tidak tergantung kepada waktu pemberian. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi asam folat dibarengi dengan teh hijau, karena dapat mengganggu penyerapannya.

“Pada keadaan pasien tidak bisa mendapatkan secara oral, asam folat diberikan secara intramuskular, subkutan maupun IV. Pada pemberian IV bisa diberikan lebih dari 1 menit atau diencerkan dalam 50 mL normal saline dan diinfus selama 30 menit,” tutur dr. Debtia.

Supaya menjaga asam folat bisa berfungsi secara baik, cara penyimpanan yang benar adalah di dalam suhu ruang sekitar 15 hingga 30 derajat Celcius. Oleh karena itu, tidak dianjurkan menyimpan suplemen asam folat di area yang terkena sinar matahari. Sebaiknya Anda memerhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Anda bisa membuang produk apabila masa kedaluwarsanya telah habis atau jika sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis pemberian asam folat bagi orang dewasa adalah sebanyak 1 mg untuk mengobati anemia megaloblastik. Bagi orang dewasa yang kekurangan asam folat, dapat diberikan dosis sebanyak 400-800 mg. Untuk mendapatkan dosis asam folat yang aman, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Loading...