Biasa Ditemukan pada Bayi Laki-laki Baru Lahir, Berapa Biaya Operasi Hidrokel?

Biaya Operasi Hidrokel - www.alodokter.comBiaya Operasi Hidrokel - www.alodokter.com

Area kelamin merupakan bagian yang cukup vital bagi laki-laki maupun perempuan. Setiap adanya keluhan atau kelainan tertentu sebaiknya segera diperiksakan ke supaya mendapatkan penanganan yang tepat. Pada laki-laki misalnya, area testis bisa saja mengalami sejumlah kelainan seperti varikokel hingga hidrokel.

Hidrokel sendiri merupakan sebuah kantung yang berisi cairan yang mengelilingi testis sehingga menyebabkan pembengkakan kantung kemaluan (skrotum). Kondisi ini biasanya ditemukan pada yang baru lahir. Sebagian besar hidrokel umumnya dapat menghilang sendiri tanpa dalam 1 tahun pertama kehidupan. Anak laki-laki yang lebih besar bisa mengalami hidrokel lantaran peradangan atau cedera dalam skrotum.

Hidrokel umumnya tak berbahaya dan tak mempengaruhi kesuburan, tetapi bisa dihubungkan dengan kondisi testis yang dapat menyebabkan komplikasi serius seperti atau hernia inguinalis. “Hidrokel yang tidak menghilang dengan sendirinya perlu ditatalaksana dengan tindakan (hidrokelektomi) ataupun disedot isi cairannya dengan jarum,” ujar dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, seperti dilansir Klikdokter.

Menurut letak kantong hidrokel terhadap testis, secara klinis dibedakan beberapa macam hidrokel, antara lain hidrokel testis, hidrokel funikulus, dan hidrokel komunikan. “Pembagian ini penting karena berhubungan dengan metode operasi yang akan dilakukan pada saat melakukan koreksi hidrokel,” sambung dr. Aldo Ferly.

Operasi hidrokel dilakukan dengan indikasi hidrokel bertambah besar, sehingga dapat menekan pembuluh darah, untuk indikasi kosmetik, atau karena hidrokel permagna yang mengganggu aktivitas sehari-hari. “Aspirasi cairan hidrokel kurang dianjurkan karena selain angka kekambuhannya tinggi, kadang kala dapat menimbulkan penyulit berupa infeksi,” tutur dr. Aldo.

Saat ini sudah banyak rumah sakit atau fasilitas yang menangani pengobatan atau operasi hidrokel di Indonesia. pengobatan hidrokel testis sangat bervariasi, tergantung tingkat keparahan kasus dan juga di mana pengobatan dilakukan.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, biaya pengobatan hidrokel testis di Surabaya berkisar mulai Rp 5,2 jutaan hingga Rp 13 jutaan, kemudian di Semarang mulai Rp 12,4 jutaan, di Jakarta Rp 9,1 jutaan, dan di Medan mencapai Rp 17,6 jutaan. Sebelum melakukan operasi atau pengobatan hidrokel, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Loading...