Biasa Dipakai untuk Mengendalikan Arus Listrik, Berapa Harga Rheostat?

Harga Rheostat - www.indiamart.comHarga Rheostat - www.indiamart.com

Dalam dunia elektro, terdapat beragam yang berkaitan dengan kelistrikan, misalnya saja rheostat. Rheostat adalah jenis resistor yang nilai resistansi dapat diatur (variable resistor) dan biasanya dipakai untuk mengendalikan arus (current), terutama pada rangkaian atau yang berarus tinggi.

“Dalam struktur rheostat, satu kaki terminalnya dihubungkan di bagian ujung (track) dan satu terminalnya lagi dihubungkan pada wiper (penyapu) atau slider (penggeser) rheostat yang dapat bergerak. Pada saat wiper atau slider bergerak dari satu ujung ke ujung lainnya, nilai resistansi juga akan berubah dari minimum (0) ke maksimum,” demikian seperti dilansir Teknikelektronika.

Rheostat yang dipakai untuk mengaliri arus listrik besar tersebut pada umumnya terbuat dari kawat yang mempunyai nilai resistansi tertentu yang digulungkan pada sebuah silinder tahan panas. Slider atau wiper rheostat berbentuk jari logam (metal finger) yang bisa bergerak melintasi jalur resistansi yang terbuat dari gulungan kawat beresistansi pada rheostat.

Jenis rheostat sendiri ada beragam, mulai dari putar (rotary) yang kerap dipakai untuk kontrol daya, kemudian rheostat slide atau geser yang kerap digunakan untuk pendidikan dan berada dalam lingkungan , hingga trimmer yang merupakan resistor variabel yang umumnya berada pada papan sirkuit cetak (PCB).

Dalam aplikasinya, rheostat biasanya dipakai untuk mengendalikan perangkat yang memiliki daya tinggi seperti pengatur intensitas lampu, pengatur motor berkecepatan tinggi, hingga dimanfaatkan sebagai pengatur suhu pada pemanas atau heater dan juga oven.

Rheostat saat ini banyak sebagai peraga pendidikan untuk laboratorium fisika atau keperluan lainnya. Harga rheostat pun bermacam-macam, tergantung jenis dan besar hambatannya. Sebagai contoh, untuk rheostat hambatan geser 100 ohm 0.3 A dijual dengan harga Rp 169 ribu, kemudian rheostat hambatan geser 50 ohm 1.5 A harganya Rp 221 ribu, dan ada juga rheostat 3A 10 ohm yang harganya mencapai Rp 770 ribuan. Harga rheostat yang berlaku di setiap tempat kemungkinan dapat dipatok berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak .

Loading...