Biasa Dipakai untuk Alis & Rambut, Berapa Harga Minyak Jarak di Apotik?

Minyak Jarak - www.kirimcara.comMinyak Jarak - www.kirimcara.com

jarak alias castor oil dikenal sebagai herbal yang memiliki beragam . kastor ini didapat dengan cara mengekstrak biji dari jarak. Minyak satu ini memiliki karakteristik berwarna kuning pucat dan baunya kuran enak. Walau demikian, minyak jarak sudah sejak lama digunakan secara topikal untuk kulit dan rambut. Selain itu banyak juga yang memakai minyak jarak sebagai salah satu komposisi berbagai produk kecantikan.

Minyak jarak diklaim bermanfaat karena memiliki kandungan asam risinoleat yang tinggi, asam lemak omega 9 tak jenuh, asam hidroksil, memiliki sifat anti inflamasi, dan sifat antibakteri. Castor oil pun dikenal memiliki kandungan E, mineral, protein, dan sederet nutrisi lain yang baik untuk kulit dan rambut.

“Minyak jarak adalah yang paling umum digunakan sebagai perawatan alami untuk bulu mata tipis,” ucap dokter kulit dan direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Mt. Rumah Sakit Sinai di New York, Dr. Joshua Zeichner, seperti dilansir Health.

Lebih lanjut Dr. Zeichner menjelaskan bahwa minyak jarak kaya akan asam lemak dan membantu melapisi tangkai rambut untuk membuat rambut terlihat berkilau dan lebih tebal. “Minyak jarak juga antimikroba. Dengan mengurangi kadar alga di sepanjang folikel rambut, maka hal ini akan membantu mengurangi peradangan. Biarkan folikel rambut berfungsi optimal,” tuturnya.

Meskipun memiliki banyak khasiat, rupanya penggunaan minyak jarak harus dilakukan dengan hati-hati. “Minyak jarak bisa menyebabkan iritasi, jadi saya selalu berhati-hati dalam merekomendasikannya untuk digunakan di sekitar mata atau alis,” papar Dr. Zeichner.

Ia juga mengungkapkan bahwa minyak jarak tidak disarankan untuk mengobati jerawat di wajah. Pasalnya, konsistensi yang tebal dari castor oil justru akan memperparah jerawat. Jika pengguna mengalami iritasi, pembakaran atau sengatan kulit, maka penggunaan minyak jarak sebaiknya segera dihentikan.

Minyak jarak biasanya dijual secara bebas di sejumlah apotik yang ada di Indonesia, salah satunya seperti di Jatinegara atau wilayah lainnya. Ada pula yang menjual minyak jarak secara online dengan harga variatif, tergantung ukurannya. Untuk ukuran 100 ml biasanya dibanderol sekitar Rp 30 ribuan, 250 ml Rp 60 ribuan, 500 ml Rp 90 ribuan, dan 1 liter (1.000 ml) harganya Rp 140 ribuan.

Loading...