Biasa Dipakai Kendaraan Bertenaga Diesel, Berapa Harga Glow Plug 12V?

Glow plug 12v (sumber: esuparts.com)Glow plug 12v (sumber: esuparts.com)

Beberapa orang mungkin masih asing dengan bernama glow plug. Maklum saja, sebagian besar penumpang atau pribadi yang lalu-lalang di jalanan saat ini kebanyakan mengandalkan bensin. yang masih menggunakan diesel biasanya adalah -kendaraan besar seperti jenis bus, truck, mini van, dan beberapa merek MPV.

Jika diperhatikan sepintas, glow plug memang mirip dengan busi biasa. Bedanya, glow plug atau busi (sering juga disebut busi pijar) adalah busi yang khusus dipasang pada atau kendaraan bertenaga diesel. glow plug biasanya ditentukan dari voltase dan jenisnya. Misalnya saja glow plug 12V untuk forklift Toyota part no. PT103 biasanya dijual dengan sekitar Rp 50 ribuan. Seri atau lain bisa saja dijual dengan berbeda. Apalagi jika glow plug tersebut merupakan part atau komponen original, banderolnya pun bisa lebih mahal lagi.

Seperti diketahui, mesin diesel tidak memakai busi untuk memantik campuran bahan bakar dan udara pada combustion chamber. Campuran bahan bakar pada mesin diesel hanya bisa tersulut oleh kompresi piston bertekanan sangat tinggi. Oleh karena itu diperlukan suatu momen, ketika temperatur berada di titik paling ideal untuk memicu mesin, agar meletupkan yang membakar campuran diesel dan udara dalam chamber.

“Menjadi sebuah kesulitan yang cukup berarti untuk menghidupkan mesin diesel yang dingin dan tanpa glow plug. Karena piston, dinding silinder, dan kepala silinder menyerap panas, sehingga kehadiran glowplug pada mesin diesel sangatlah dibutuhkan,” demikian seperti dilansir Willycar.

Glow plug biasanya dipasang dalam ruang bakar atau combustion chamber. Energi panas yang dihasilkan oleh glow plug diperoleh dari arus listrik accu yang diteruskan ke glow plug. Kehadiran glow plug tetap dibutuhkan, baik untuk konstruksi direct maupun indirect injection.

Jika pada bagian indirect injection, glow plug akan dipasang dalam pre-chamber. Sedangkan pada direct injection, glow plug diletakkan langsung pada combustion chamber. “Lewat arus yang diberikan oleh accu, glow plug akan menghasilkan panas di dalam silinder. Sehingga lebih memudahkan mesin bekerja pada suhu kerja idealnya,” sambungnya.

Loading...