Biasa Dijadikan Jamu, Harga Temulawak Per Kg Mulai Rp 6 Ribuan

harga, temulawak, per, kg, khasiat, kesehatan, hati, teratur, penyakit, nafsu, makan, anak-anak, online, di, cocok, virus, brand, jamu, ciri, tinggi, tanaman, daun, mesin, usahaTemulawakdan serbuk ekstraknya (sumber: Pinterest)

Temulawak dikenal sebagai yang bisa dijadikan jamu. Ciri dari itu adalah memiliki tinggi kurang dari 2 m, tetapi lebih dari 1 m. Temulawak memiliki daun berwarna hijau atau coklat keunguan terang hingga gelap.

Di , harga temulawak bervariasi. Harga temulawak per kg mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 15.000. Tidak hanya bisa dibeli langsung di beberapa tempat, temulawak juga bisa didapatkan secara online.

Sebagai jamu, temulawak biasa dikaitkan dengan fungsinya sebagai penambah nafsu . Biasanya diberikan pada anak-anak. Seperti jamu milik Dyah Puspitaloka dengan jamunya yaitu Oma Jamu.

“Produksi saya menggunakan mesin di rumah, dibantu kedua orang tua saya. Dulu padahal ayah saya orang pondok, tapi entah kenapa beliau bisa membuat mesin yang membantu sekali untuk usaha ini,” katanya.

Variasi jamu dan harganya pun beragam. Untuk jamu siap seduh seperti jamu jahe merah dengan yang kecil dijual Rp 15.000 150 gr dan Rp 60.000 untuk 400 gram. Sementara, jamu temulawak kecil 150 gr dijual Rp 14.000 dan untuk besar Rp 38.000 dengan berat 400 gr.

“Omzet saya diperkirakan per bulan mencapai Rp 2 juta sampai Rp 2,5 juta. Dan karena bulan ini saya masih pelatihan jadi masih sedapatnya saja, karena saya sudah ada stok juga di rumah,” kata gadis berkerudung ini.

Untuk khasiat, temulawak dianggap bisa melindungi organ hati dari penyakit. Menurut Profesor Bambang Pujiasmanto, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta, temulawak adalah tanaman asli Indonesia yang memiliki kandungan minyak atsiri, kurkumin, kamfer, glikosida, phellandrene, turmerol, myrcene, xanthorizol, isofuranogermacreene, p-tolyletycarbinol dan pati.

Oleh karena itu, apabila rutin minum ramuan temulawak secara teratur memang bisa membantu memulihkan kondisi seseorang dengan gangguan liver. Ia dan istri pun secara teratur minum temulawak yang dicampur dengan kunir putih dan kuning.

“Setiap bahan diambil satu sendok teh, dicampur, lalu diseduh dengan air hangat. Bisa ditambah madu satu sendok, setelah itu diendapkan beberapa saat, lalu airnya diminum. Saat saya mencoba cek laboratorium, Alhamdulilah, kondisi jantung, liver dan ginjal, semuanya baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Dr Irsan Hasan, spesialis penyakit dalam dari Divisi Hepatologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM mengatakan senyawa kurkumin di temulawak memang bisa memberikan proteksi bagi organ hati, sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

Namun, temulawak dirasa kurang cocok jika digunakan untuk menyembuhkan penyakit hati seperti hepatitis. “Untuk hepatitis yang disebabkan oleh virus, maka virusnya harus diobati. Fungsi temulawak hanya memberikan efek proteksi,” katanya.

Loading...