Biasa Digunakan untuk Pereda Nyeri, Berapa Harga Obat Asam Mefenamat 1 Box?

Ilustrasi : Seorang pria mengalami nyeri otot setelah berolahragaIlustrasi : Seorang pria mengalami nyeri otot setelah berolahraga

Rasa di beberapa bagian tubuh memang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, misalnya saja di bagian punggung. punggung biasanya dapat menyebabkan di bagian tulang belakang terasa pegal hingga menjalar ke tulang ekor dan kaki. Rasa sakit ini bisa disebabkan kebiasaan mengangkat beban yang terlalu berat, gangguan sendi dan , hingga gaya hidup yang kurang sehat.

Nyeri punggung sendiri dapat diatasi dengan berbagai cara. Menurut spesialis bedah saraf Brain & Spine Bunda Neuro Center, dr. Wawan Mulyawan, istirahat adalah langkah pertama yang wajib dilakukan untuk meredakan nyeri. Saat nyeri punggung, sebaiknya beristirahat dengan posisi telentang.

“90 persen orang mengalami nyeri karena ototnya kaku. Sarannya adalah istirahat. Istirahat paling bagus adalah dalam posisi telentang, bukan tengkurap atau miring. Taruh satu atau dua bantal di bawah kedua lutut ketika Anda tidur. Ini akan memberi rasa nyaman pada tulang belakang dan meredakan nyeri saat terbangun,” jelas Wawan, seperti dilansir Tribunnews.

Apabila rasa nyeri sudah reda, maka rutinlah berolahraga supaya dapat memperkuat otot-otot. Ada banyak jenis yang direkomendasikan, misalnya saja stretching atau peregangan, yoga, dan pilates. “Ini guna meningkatkan kekuatan, fleksibilitas dan kelenturan otot,” papar Wawan.

Apabila rasa nyeri yang dialami masih belum reda, maka penderita juga dianjurkan minum obat anti nyeri seperti paracetamol, relaksan otot, atau obat anti inflamasi lainnya. “Kalau tidak mempan barulah dengan mefenamat. Kalau obat seperti ponstan selain anti nyeri juga ada efek anti radang. Orang yang mengalami kaku otot karena pergerakan juga bisa mengalami radang (inflamasi). Nyeri ringan paracetamol cukup,” ungkap dr. Wawan.

Obat pereda nyeri seperti asam mefenamat sendiri tergolong obat keras yang hanya bisa dibeli dengan . Umumnya asam mefenamat 500 mg per tablet dengan cukup murah, mulai Rp 400-an saja. Ada pula beberapa apotik yang menjual asam mefenamat 1 box isi 100 tablet (10 strip) dengan berkisar antara Rp 32 ribuan hingga Rp 69 ribuan per dus, tergantung atau merek obat itu sendiri.

Loading...