Biasa Digunakan Pada Eksterior Khusus, Harga GRC Super Panel 15mm Sekitar Rp 335 Ribuan

harga, grc, super, panel, 15, mm, ketebalan, bahan, eksterior, khusus, kelebihan, board, kalsi, papan, semen, material, triplek, 9, produk, sambungan, plafon, lantai, anak, tangga, bangunan, 15mmPapan GRC superpanel dipasang untuk eksterior bangunan (twitter: @grcboardefo)

Glassfibre Reinforced Cement (GRC) board atau yang lebih sering disebut semen adalah material yang cukup multifungsi dan kerap dipakai sebagai pengganti triplek. Jenis GRC board sendiri ada bermacam-macam, misalnya saja super panel, superplank, hingga simpleplank.

Ketebalan GRC sendiri juga bervariasi, mulai dari 9 mm hingga 15 mm. Begitu pula dengan harganya yang terbilang variatif. Misalnya untuk GRC Super Panel 15mm, jualnya sekitar Rp 335 ribuan. Anda bisa juga membelinya secara online, dan tentunya di toko bangunan juga tersedia.

GRC Superpanel dirancang khusus untuk luar (outdoor). Superpanel lebih tahan cuaca dan perubahan suhu karena memiliki kepadatan yang tinggi (1,4g/0,2cm3) . Superpanel dapat digunakan untuk façade/cladding, lantai, anak tangga cover column eksternal, dan cubical toilet.

Selain tahan cuaca dan perubahan seperti tahan air dan lembap, juga tahan api, anti jamur dan rayap, permukaan datar tanpa dihaluskan, cepat dan praktis dalam proses, tidak menyebabkan kotor yang berlebihan dalam bekerja. Biasanya GRC Superpanel ini digunakan untuk aplikasi khusus.

Dalam memilih papan semen, tidak hanya ketebalan saja yang penting, namun juga bahannya. Pada pameran Megabuild 2018, PT Etex Building Performance Indonesia (EBPI/sebelumnya PT Eternit Gresik) memamerkan ragam produk barunya untuk solusi bahan bangunan yaitu EBPI, yang merupakan produsen material bahan bangunan papan fiber semen dengan merek Kalsi dan Equitone. Kalsi dan Equitone bisa menjadi solusi untuk pembangunan yang praktis, ringkas, ekonomis, dan ramah lingkungan.

Berbagai jenis produk maupun sudah tersedia untuk mengikuti perkembangan tren material bahan bangunan maupun . Menurut Marketing & Technical Manager EBPI Bagus Hendarto, ada banyak produk yang bisa digunakan untuk menggantikan material kayu, triplek, maupun gipsum.

“Kami memiliki Kalsi Bekisting, Kalsi Joint Compound, Kalsi Floor 20, Kalsi Clad, Kalsi Plinth 8, dan Kalsiplank 12 Fascia. Dengan menggunakan produk Kalsi, proses pembangunan bisa lebih bersih, cepat, dan efisien,” kata Bagus.

Mengusung teknologi dari Etex Company Belgia, ada beberapa keunggulan dari produk-produk tersebut, di antaranya Kalsi Bekisting bisa digunakan untuk pengganti papan kayu ataupun multiplek untuk aplikasi bekisting atau cetakan . Kalsi Bekisting lebih tahan air, tahan rayap, tahan api dan bisa digunakan 3-4 kali untuk cetakan . Produknya juga bisa dipaku, disekrup, maupun dipotong selain tahan lendut. Produk ini tersedia dalam ukuran 122 x 244 cm dan 120 x 240 cm dengan ketebalan 6-10 mm. Harganya mulai Rp 120 ribu.

Lalu ada Kalsi Joint Compound yang akan menjadi produk untuk menutup sambungan plafon maupun partisi. Hasilnya lebih mudah digunakan, diampelas, dan dicat, bahkan sisa adukannya bisa digunakan kembali. Harga produk ini Rp 135 ribu/20 kg.

Loading...