BI Tahan Suku Bunga, Rupiah Menguat di Kamis Sore

Rupiah - mappijatim.or.idRupiah - mappijatim.or.id

JAKARTA – mampu melaju mulus di teritori hijau hingga Kamis (21/3) sore, setelah Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) memutuskan untuk menahan suku bunga acuan di level 6%. Menurut Index pada pukul 15.48 WIB, Garuda terpantau menguat 48 poin atau 0,33% ke level Rp14.140 per AS.

Siang tadi, RDG BI memutuskan untuk menahan suku bunga BI 7-Days Reverse Repo Rate di angka 6%. Keputusan tersebut dikatakan konsisten dengan upaya memperkuat stabilitas eksternal Indonesia, khususnya untuk mengendalikan defisit berjalan (CAD) ke dalam batas yang aman dan mempertahankan daya tarik aset keuangan .

Sementara itu, dari global, indeks dolar AS mencoba bangkit pada hari Kamis, setelah Federal Reserve memutuskan menahan suku bunga acuan sekaligus berencana tidak menaikkan suku bunga sepanjang tahun 2019 ini. Mata uang Paman Sam terpantau menguat 0,230 poin atau 0,24% ke level 95,991 pada pukul 15.00 WIB, rebound dari pelemahan di sesi sebelumnya.

Seperti diberitakan CNN, dalam rapat kebijakan yang berakhir Kamis pagi WIB, The Fed memutuskan untuk menahan suku bunga acuan mereka di kisaran 2,25% hingga 2,5%, yang sesuai dengan ekspektasi pasar. Namun, yang menjadi kejutan adalah para pembuat kebijakan menuturkan bahwa level tersebut sepertinya akan tetap dipertahankan setidaknya sepanjang tahun ini.

“Mungkin perlu waktu sebelum proyeksi lapangan kerja dan inflasi mendorong perubahan kebijakan,” tutur Gubernur Federal Reserve, Jerome Powell, sesaat setelah pertemuan. “FOMC tetap akan bersikap sabar sebelum kembali menaikkan suku bunga acuan. Bersabar berarti kami melihat tidak perlu terburu-buru untuk membuat penilaian.”

Sebelumnya, diprediksi akan ada dua kenaikan suku bunga sepanjang tahun 2019. Selain itu, Bank Sentral AS juga memangkas perkiraan untuk pertumbuhan ekonomi dan inflasi, sambil menaikkan perkiraan untuk pengangguran. Investor sendiri sekarang meyakini bahwa suku bunga mungkin akan turun, dengan pelonggaran pada bulan Desember.

Loading...