Besaran Pajak yang Harus Dibayar dalam Proses Jual-Beli Rumah

Jual Beli Rumah - gambardesainproperti.comJual Beli Rumah - gambardesainproperti.com

JAKARTA – Memiliki rumah merupakan salah satu impian bagian sebagian besar masyarakat di . Mendapatkan rumah idaman bisa dilakukan dengan cara membeli atau membangun sendiri. Nah, jika Anda memilih untuk membeli rumah, maka ada yang harus dibayar dalam -beli properti, seperti PPh, PPN, dan PPnBM.

Untuk PPh atau Pajak Penghasilan, menurut Peraturan Pemerintah No. 34 tahun 2016 Pasal 2 ayat 1a-c, besaran PPh final yang dikenakan dalam proses jual-beli rumah turun menjadi hanya 2,5 persen sampai 0 persen dari semula 5 persen. Rinciannya, PPh final sebesar 2,5 persen dari dikenakan untuk bangunan selain rumah sederhana atau rumah susun, PPh final sebesar 1 persen dari nilai dikenakan untuk bangunan rumah sederhana atau rumah susun, dan PPH final 1 persen dari nilai dikenakan untuk bangunan kepada pemerintah, BUMN, dan BUMD.

“Kalau PPh 2,5 persen adalah hak tanah bangunan rumah sederhana atau rumah susun, berarti ke pengembang,” jelas Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan Djalil. “Sementara, PPh 1 persen ini artinya untuk agen penjual, dan PPh final 0 persen kalau misalnya digunakan untuk jalan tol, bandara, atau kepentingan umum lainnya.”

Di samping PPh, ada juga Pajak Pertambahan Nilai (PPN). PPN ini akan dikenakan kepada pembeli, dipungut oleh penjual dengan catatan penjual adalah Pengusaha Kena Pajak. Untuk rumah baru, nominal PPN yang dibebankan sebesar 10 persen dari jual rumah dan rumah yang dikenakan PPN jika harganya di atas Rp36 juta.

Pajak lain yang dikenakan pada proses jual-beli rumah adalah Pajak Penjualan Mewah (PPnBM). Pajak ini dikenakan jika pembeli membeli properti dengan luas bangunan di atas 150 meter persegi atau rumah dengan harga jual Rp20 miliar atau lebih. Besaran PPnBM adalah 20 persen dari harga jual. Pajak ini tidak berlaku untuk jual-beli rumah atau tanah antar-perorangan, namun dikenai untuk pembelian properti langsung dari developer.

Loading...