Bakal Terapkan Kuliah Daring, Ini Biaya ITN Malang

Kampus ITN MalangKampus ITN Malang - docplayer.info

Setelah membuka Program Sarjana Terapan (PST) atau D4, Institut Nasional (ITN) Malang berencana untuk menerapkan dengan internet atau daring pada tahun 2020 ini. Bagi mereka yang berminat melanjutkan studi di kampus ini, ITN sudah membuka pendaftaran baru sejak Januari 2020 dengan studi mulai Rp6 jutaan per semester.

“Untuk pembuatan mata daring, ITN sudah siapkan tim dosen dan melakukan MoU, dengan demikian tinggal tim Dikti melengkapi sarana dan prasarana,” ujar Rektor ITN Malang, Kustamar, beberapa waktu lalu. “Kami siapkan program S1 Elektro, karena jurusan ini sudah terakreditasi A dan mayoritas dosen sudah siap.”

Sebelumnya, pada tahun ajaran 2019/2020 lalu, ITN telah membuka tiga untuk jenjang D4, yakni Teknik Mesin Industri, Elektro Industri, dan Industri Manufaktur. Dijelaskan Kustamar, program PST ini menerapkan pola Multi Entri Multi Exit (MEME), dengan setiap program bisa masuk di awal tahun pertama, awal tahun kedua, hingga tahun keempat.

“Jadi, mahasiswa akan lebih fleksibel untuk tahun kelulusannya. Sehingga, tidak masalah ketika nanti mahasiswa ingin berhenti di tengah jalan untuk kemudian melanjutkan kuliah lagi,” papar Kustamar. “Misalnya, bila nantinya ada mahasiswa yang memiliki keterbatasan biaya pada tahun kedua atau ketiga dan ingin berhenti kuliah untuk bekerja, maka hal itu diperbolehkan.”

Memasuki tahun akademik 2020/2021, berdasarkan brosur resmi lembaga, ITN Malang ternyata sudah membuka pendaftaran mahasiswa baru dalam tiga gelombang. Pendaftaran gelombang pertama dilakukan 6 Januari hingga 30 Mei 2020, pendaftaran gelombang kedua mulai 1 Juni hingga 1 Agustus 2020, dan pendaftaran gelombang ketiga 3 Agustus hingga 5 September 2020.

Sementara, untuk biaya kuliah, tergantung masing-masing program studi, tetapi umumnya relatif terjangkau. Untuk program studi yang termasuk Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan misalnya, rata-rata mengenakan biaya UKT Rp6,5 juta hingga Rp6,9 jutaan per semester, sedangkan biaya semester Fakultas Teknik Industri program S1 mulai Rp6,1 juta hingga Rp6,5 jutaan. Namun, untuk jurusan E- dan Teknologi, biaya UKT-nya lumayan mahal, yakni Rp15 jutaan per semester.

Loading...