Bertugas Mendampingi Proses Persalinan, Tarif Doula Tergolong Variatif

tarif, doula, persalinan, proses, variatif, psikis, emosional, dukungan, suami, wanita, calon, dampak, positif, durasi, epidural, induksi, alat, forceps, kebutuhan, kelas, edukasiIlustrasi: doula membantu dalam proses persalinan (sumber: childbirth.org)

Kini, seorang doula berperan penting dalam proses . Doula adalah terlatih yang bertugas mendampingi proses persalinan. Tugasnya adalah memberikan dukungan pada ibu yang akan melahirkan, termasuk dukungan psikis dan emosional. Doula akan berada di dalam ruangan bersalin yang sama dengan calon ibu dan sang .

Telah banyak orang yang menggunakan doula, termasuk dari kalangan artis seperti Atiqah Hasiholan. “Kebetulah doula Mbak Atiqah adalah saya dan Mbak Sinta dari Nujuh Bulan Studio,” kata Irma, seorang doula.

Irma menuturkan, biasanya bagi setiap yang menjadi klien akan disediakan satu orang primary doula dan dibantu dengan satu orang back-up doula. Masing-masing dari mereka akan membagi jam kerja untuk dapat memenuhi kebutuhan dari klien tersebut.

Para doula akan mulai mendampingi ibu sejak beberapa waktu sebelum proses persalinan. “Sebab selain menjadi doula, para ibu juga akan diajak mengikuti kelas edukasi persalinan,” tutur Irma.

Kehadiran doula nyatanya memberi banyak dampak positif dalam kamar persalinan. Untuk itu, satu hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah pastikan doula yang akan Anda pilih cocok dengan pribadi Anda dan dapat dipercaya dalam kondisi apapun. Pasalnya, doula inilah yang nanti akan menuntun Anda sejak dari berbaring di kasur persalinan, hingga saat Anda akan segera melahirkan. Doula akan berperan sebagai penenang, dengan memijat, mengucapkan kalimat menyenangkan bahkan sekadar membelai bagian tubuh Anda.

Untuk memberi efek yang maksimal, tentu membutuhkan seseorang yang benar-benar sesuai untuk Anda. Biasanya, secara psikologis Anda akan lebih dapat mendengarkan apa yang disampaikan oleh orang yang Anda percayai. Namun meski telah memilih doula, bukan berarti Anda akan berjalan sendiri. Suami Anda tetap memegang peran penting sebagai pendamping persalinan Anda.

Selain Irma, ada satu nama doula yang cukup dikenal, baik di kalangan artis, masyarakat, atau media sosial, yaitu Jamilatus Sa’diyah. “ doula saat ini sangat dibutuhkan. Permintaan besar. Ini sebenarnya juga menjadi peluang untuk teman-teman bidan,” kata Mila, sapaan akrabnya.

Mila yang lulusan Akademi Kebidanan RSCM sudah tiga tahun menjadi doula. Kliennya termasuk kalangan selebriti mulai dari Nagita Slavina, Anna Gilbert, sampai Olivia Jensen. Ia mendampingi kliennya sejak sebelum bersalin hingga pasca persalinan. doula tergolong variatif, untuk Mila sendiri, tarifnya sekitar Rp 2 juta di tahun 2017. itu bisa saja meningkat seiring dengan semakin sering jasa doula dibutuhkan ibu-ibu yang akan melahirkan.

Untuk memperkaya ilmunya, Mila juga belajar hypnotherapist dari Lanny Kuswandi yang menjadi pembimbingnya. Menurut Mila, hasil penelitian menunjukkan doula membuat persalinan normal naik 50 persen, memperpendek durasi persalinan 25 persen, mengurangi epidural 60 persen, mengurangi induksi persalinan 40 persen, mengurangi penggunaan alat forceps untuk mengeluarkan bayi 40 persen.

Loading...