Berstatus Pendidikan Tinggi Kedinasan, Berapa Biaya Kuliah STAN Malang?

STAN Malang - adzkiastan.com

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Akuntansi Negara (PKN STAN) merupakan tinggi kedinasan di bawah Badan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan program studi Diploma keuangan negara. Karena statusnya tinggi kedinasan, biaya di STAN pun tidak dipungut biaya, alias . Calon mahasiswa yang hendak mendaftar biasanya hanya dikenai biaya saja.

Terdapat beberapa jenjang pendidikan yang ditawarkan, yakni D I, DIII, dan D IV. Sedangkan untuk jurusan atau program studi yang tersedia antara lain Akuntansi, Pajak, Penilai/Pajak Bumi dan Bangunan, Kepabeanan dan Cukai, Kebendaharaan Negara, hingga Manajemen Aset. Tempat pendidikan atau kampus utama PKN STAN berada di Jakarta, tepatnya di kawasan Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Selain di Jakarta, PKN STAN juga memiliki lokasi pendidikan lainnya yang tersebar di sejumlah kota seperti Jakarta Timur, Medan, Palembang, Sleman, Malang, Bali, Balikpapan, Makassar, Cimahi, hingga Manado. Namun mulai tahun 2017 kabarnya seluruh kegiatan pendidikan PKN STAN akan dipusatkan di kampus Bintaro.

Sayangnya untuk tahun ajaran 2018/2019 ini masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai PKN STAN. Namun biasanya pendaftaran dibuka sekitar bulan Maret. Informasi mengenai pendaftaran PKN STAN biasanya akan dipublikasikan secara resmi di website PKN STAN atau di media massa.

masuk PKN STAN pun pada dasarnya dari tahun ke tahun hampir sama, antara lain memiliki nilai yang mencukupi, bebas dari NAPZA, usia tidak lebih dari 20 tahun, belum menikah, dan membayar biaya pendaftaran sekitar Rp 250 ribu. Para peserta juga diminta untuk mendaftar dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP elektronik dan NIK Kartu Keluarga.

“Kalau tidak cocok antara keduanya, akan ditolak,” ujar Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmadja, seperti dilansir Kabar24.

Dengan lama pendidikan 3 tahun, para mahasiswa di PKN STAN sudah tak lagi memperoleh uang saku mulai tahun 2013 silam dan tak lagi ditempatkan di asrama. Sehingga bagi para pendaftar yang diterima masuk PKN STAN hanya perlu menyiapkan dana untuk kebutuhan hidup dan tempat tinggal saja selama kuliah.

Loading...