Bersertifikat Halal, Perusahaan Logistik Jepang Ekspansi ke Asia Tenggara

Nippon Express - www.joc.comNippon Express - www.joc.com

TOKYO – Sebagian besar perusahaan yang telah menerima halal menikmati yang bagus di kawasan Tenggara. Paling baru, dua perusahaan pengiriman logistik raksasa asal Negeri Sakura, Nippon Express dan Yusen Logistics, juga sudah mengantongi halal bahwa mereka mengirim sesuai , sebagai langkah pengembangan bisnis di wilayah ASEAN.

Dilansir Nikkei, halal, yang dalam bahasa Arab berarti ‘diizinkan’, menunjukkan bahwa produk telah disiapkan sesuai dengan hukum Islam. Untuk makanan dan , itu berarti barang-barang tersebut diproduksi tanpa menggunakan daging babi, alkohol, atau bahan-bahan lain yang dilarang oleh hukum Islam.

Indonesia, dengan umat Muslim mencapai sekitar 90% dari populasi sebesar 260 juta orang, akan memberlakukan undang-undang yang menerapkan sertifikasi halal untuk jalur distribusi produk makanan, kosmetik, hingga distribusi pada tahun depan. Nah, Nippon Express dan Yusen Logistics telah siap dengan persyaratan tersebut setelah masing-masing mengantongi sertifikasi halal.

Tiga anak perusahaan Nippon Express, yaitu Nippon Express Indonesia (operator kargo udara), Nittsu Lemo Indonesia Logistik (operator kargo laut), dan Nex Logistics Indonesia (pergudangan dan rantai distribusi), sudah memperoleh sertifikasi di bulan April dan Juli 2018. Persetujuan ini berasal dari Lembaga Pengkajian untuk Makanan, Obat-obatan, dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Gudang perusahaan telah mulai menangani pengiriman makanan, dan Nippon Express berusaha untuk menambahkan produsen obat dan produsen kosmetik sebagai pelanggan. Nippon Express sendiri melihat sertifikasi halal sebagai alat yang efektif untuk memenangkan pesanan pengiriman baru. Sebelumnya, perusahaan telah memperoleh sertifikasi serupa di Malaysia.

Sementara itu, Yusen Logistics mengambil pendekatan yang berbeda di Malaysia. Grup logistik Negeri Matahari Terbit mengakuisisi bisnis distribusi pendingin lokal dan operator gudang tahun lalu, membawa mereka di bawah anak perusahaan baru, Tasco Yusen Gold Cold. Kedua perusahaan tersebut disertifikasi oleh badan lokal, dan salah satu dari mereka memegang sekitar 80% saham distribusi es krim Malaysia.

Nippon Express dan Yusen Logistics telah melihat bahwa sertifikasi halal di dapat membantu mereka memenangkan pesanan pengiriman dari produsen makanan dari Australia, Brasil, dan negara lain yang mengekspor ke wilayah tersebut. Sertifikasi di juga akan membantu operasi mereka di Jepang, yang diperkirakan akan menerima 1,4 juta wisatawan Muslim di tahun 2020. Pasar halal global sendiri, termasuk makanan, farmasi, dan kosmetik, diperkirakan akan melampaui angka 1 triliun dolar AS per tahun.

Loading...