Bersejarah & Punya Pemandangan Unik, Berapa Tiket Masuk Istana Bogor?

Istana Bogor - www.vidio.comIstana Bogor - www.vidio.com

Istana memang istimewa. Istana kepresidenan yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda, Tengah, Jawa Barat ini adalah salah satu dari 6 istana negara yang memiliki keunikan tersendiri berkat aspek historis, , dan fauna yang ada di dalamnya. Salah satu yang menyedot perhatian dari Istana Bogor tentu saja adalah keberadaan rusa-rusa asal Nepal yang dibiarkan bebas berkeliaran di Istana Bogor sejak dulu hingga saat ini. Untuk bisa berkunjung ke Istana Bogor sebenarnya tak akan dikenai masuk, alias gratis. Sayangnya objek ini tak selalu dibuka untuk umum.

Istana Bogor sendiri memang setiap tahun akan dibuka untuk umum bagi masyarakat yang ingin masuk langsung dan berkeliling menyaksikan keindahannya secara dekat. Istana ini tergolong unik karena lokasinya dikelilingi dengan danau dan lapangan hijau yang begitu luas. Istana seluas 28 hektare ini memiliki sekitar 600 rusa totol yang berkeliaran dengan bebas di halaman istana serta 346 pohon.

Untuk dapat masuk ke Istana Bogor, wisatawan dapat mengambil tiket secara gratis, biasanya di Balai Kota Bogor, dan Kantor Dinas dan Kebudayaan, Kota Bogor. Untuk tahun 2017 ini, Istana Bogor sempat dibuka untuk umum pada 18-27 Juli 2017. Menariknya, untuk tahun ini wisatawan bukan cuma bisa berkeliling Istana Bogor saja, tetapi juga diperkenankan ke Museum Kepresidenan Balai Kirti, dan langsung ke Kebun Raya Bogor secara gratis.

Sayangnya wisatawan belum diizinkan untuk masuk ke ruangan-ruangan yang ada dalam Istana Bogor. “Tahun ini belum bisa masuk ke dalam ruangan, karena Presiden masih berkantor di sana. Gantinya kita bisa langsung terusan masuk ke Kebun Raya Bogor, gratis selama Istura (Istana Untuk Rakyat),” jelas Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, Susilowati, seperti dilansir Tribunnews.

Berwisata ke Istana Bogor pun tak bisa sembarangan. Meski terbuka untuk wisatawan domestik dan mancanegara, ada beberapa peraturan yang wajib dipatuhi oleh pengunjung, misalnya saja jadwa buka untuk berkunjung pada hari Senin-Kamis pukul 09.00-14.00 WIB, Jumat jam 09.00-11.00 WIB dan 14.00-16.00 WIB.

Kemudian pengunjung diwajibkan memiliki tiket masuk, dilarang membawa barang bawaan selain dompet, batas usia minimal 10 tahun ke atas, memakai pakaian rapi dan sopan, serta dilarang membawa kamera atau mengabadikan gambar Istana Bogor. “Tahun ini kamera dan handphone juga tidak boleh masuk, instruksi dari protokoler istana,” tandas Susilowati.

Loading...