Berminat Kuliah di Institut Kesenian Jakarta? Ini Rincian Biaya Masuk IKJ

Institut Kesenian Jakarta - www.ikj.ac.idInstitut Kesenian Jakarta - www.ikj.ac.id

Para lulusan atau sederajat yang memiliki bakat dan minat di kesenian saat ini tak perlu bingung menentukan terkait tempat studi yang bisa mereka tuju setelah lulus SMA. Pasalnya sudah banyak perguruan tinggi ternama yang memang fokus memberikan di bidang kesenian, salah satunya seperti Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

IKJ memiliki beberapa fakultas, yakni Fakultas Film dan Televisi, Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa, dan Pascasarjana. Seperti tahun-tahun sebelumnya, IKJ membuka mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2018/2019 mulai bulan Januari hingga Agustus 2018. Masing-masing fakultas biasanya menerapkan pendaftaran dan biaya masuk yang berbeda-beda.

Sebagai , pendaftaran Fakultas Film dan Televisi dibuka mulai Februari-Agustus 2018 dan setiap calon mahasiswa dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp 350 ribu. Kemudian untuk Fakultas Seni Pertunjukan pendaftaran dibuka Januari-Juli 2018 dengan biaya formulir pendaftaran Rp 300 ribu. Yang terakhir, Fakultas Seni Rupa membuka pendaftaran sejak Februari-Juli 2018 dan tiap calon mahasiswa diminta membayar biaya pendaftaran Rp 500 ribu.

Syarat masuk IKJ sebenarnya tidak terlalu sulit, namun umumnya calon mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti ujian, baik ujian tertulis, wawancara, hingga praktik. Saat pertama kali masuk, biaya kuliah S1 di Fakultas Film dan Televisi Rp 42,5 juta, sudah termasuk uang kuliah semester 1 dan 2. Untuk informasi biaya pendidikan di jurusan atau program studi lainnya, para pendaftar bisa langsung mengecek di situs resmi pmb.ikj.ac.id.

Menariknya, tahun ini juga disediakan Seleksi Beasiswa Unggulan untuk kuliah di program Sarjana (S1) FFTV IKJ bagi 30 orang lulusan SMA atau sederajat tahun 2016, 2017, dan 2018 dengan usia maksimal 22 tahun. Program beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini merupakan kerja sama Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kemendikbud, Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN) Kemendikbud, dengan Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (FFTV IKJ).

“Tujuan umum program ini adalah untuk mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui penyediaan bantuan pendidikan dan pelatihan baik melalui jalur gelar maupun non-gelar,” kata Kepala BPKLN Suharti, seperti dilansir Antara.

Seleksi administrasi dibuka mulai 1 Mei-7 Juli 2018, sedangkan seleksi tertulis dan wawancara berlangsung pada 28 Juli 2018. Berkas persyaratan yang dibutuhkan antara lain ijazah atau surat keterangan lulus, pas foto, salinan kartu keluarga dan akte kelahiran, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Sehat, Surat Keterangan Bebas Narkoba, dan lain-lain. Peserta juga diwajibkan memiliki bukti karya di bidang perfilman berupa sertifikat atau penghargaan setingkat kabupaten/kota.

Loading...