Bermanfaat Untuk Pertumbuhan Kelapa Sawit, Ini Harga Pupuk Borate per Kg

Harga, pupuk, borate, borat, boron, per, kg, mahkota, jual, 48, kuda putih, merek, merk, pasaran, karung, kelapa, sawit, manfaat,Ilustrasi: penggunaan pupuk tanaman (thespruce.com)

Kelapa sawit adalah tanaman yang paling produktif di dunia. Semakin hari, atas berbagai produk olahan berbahan dasar kelapa sawit secara otomatis memaksa para pengusaha untuk bisa meningkatkan hasil produksi tanpa melakukan perluasan lahan. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa luas lahan perkebunan sering berbanding terbalik dengan produktivitasnya yang masih tergolong minim.

Abdul Aziz, Head of Argonomy Department Asian Agri R&D Centre Bahliang, mengungkapkan bahwa untuk mengoptimalisasi produksi kelapa sawit, maka intensifikasi dapat menjadi jawaban atas permasalahan tersebut. Ia menjelaskan ada beberapa hal penting dalam program intensifikasi yang dilakukan oleh Asian Agri seperti pemilihan material tanaman unggul untuk kelapa sawit, juga jenis dan aplikasi pemupukan yang efektif.

dan konsistensi pemupukan tanaman menjadi faktor yang sangat menentukan peningkatan produksi kelapa sawit,” tandasnya kepada .com. Ia menjelaskan bahwa proses pemupukan menyediakan unsur hara sebagai nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Kecukupan angka nutrisi tersebut mampu mendorong pertumbuhan tanaman yang sehat. Selain itu, tanaman juga akan lebih tahan terhadap hama dan penyakit, serta dapat memproduksi Tandan Buah Segar (TBS) dengan kandungan minyak yang tinggi.

-pupuk yang diberikan untuk tanaman kelapa sawit biasanya mengandung unsur natrium, fosfor, kalium, magnesium, dan boron. Sementara jenis-jenis yang digunakan meliputi urea, KCI, TSP, dan kiserit. Adapun tambahan yang dipakai untuk mendukung pertumbuhan kelapa sawit yaitu borate, atau juga dikenal dengan boron dan borax.

Pupuk borate atau boron adalah pupuk yang sangat kecil dibutuhkan oleh tanaman kelapa sawit, namun pupuk ini sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan kelapa sawit yang biasanya ditanam di perkebunan. Jika dibandingkan dengan magnesium dan kalium, boron merupakan unsur mikro terpenting dalam hara kelapa sawit. Kelapa sawit dewasa mengakumulasi boron sampai dengan 0,5 kg/hektar pada biomassa tanah lapisan atas.

Borate berperan penting dalam pemanjangan akar, pembentukan karbohidrat dan dinding sel, mempengaruhi sintesa protein dan pengaturan sintesa asam nukleat. Apabila tanaman kelapa sawit kekurangan boron, maka akan timbul gejala atau ciri-ciri seperti pertumbuhan jaringan-jaringan muda cacat, bentuk daun menjadi rusak, berkerut, pecah dan berwarna gelap, daun memendek, sangkut dan permukaannya tipis, serta tidak terbukanya beberapa daun yang masih muda pada tanaman yang kekurangan boron dengan keadaan sudah parah.

Nah, untuk mengatasi kekurangan borate ini, maka petani biasanya akan memberikan boron lebih rutin dan mengikutsertakan perawatan boron atau pemberian diet vitamin sebanyak 100-200 gram per pohon per tahun, untuk menghindari bahaya kekurangan borate. Penggunaan boron biasanya sudah tersedia di pupuk NPK sebagai trace elemen namun untuk tanaman tertentu dan area tertentu dibutuhkan tambahan boron.

Di saat ini telah banyak produk pupuk borate (boron) yang bisa dibeli oleh petani. Seperti pupuk boron 48% Kuda Sakti yang dengan harga Rp45 ribu per kg. Penggunaan Pupuk Boron 48% ini dapat disebarkan secara langsung melalui tanah atau dicampur dengan sejenis pupuk lainnya. Ada juga pupuk borat merk Mahkota yang dengan kemasan karung lebih besar yakni 20 kg dan seharga Rp300.000.

Loading...