Bermanfaat untuk Kesehatan, Harga Buah Blueberry per Kg Bisa Sampai Ratusan Ribu Rupiah

Blueberry - food.ndtv.comBlueberry - food.ndtv.com

Blueberry telah lama dikenal sebagai salah satu ajaib yang ternyata memiliki banyak untuk . Buah yang bentuknya hampir menyerupai buah blackberry dan cherry ini biasanya dijual dalam bentuk kemasan pack di sejumlah supermarket seperti Giant, Carrefour, Superindo, dan sebagainya. Namun untuk per kilogram biasanya masih harus mencarinya di sejumlah atau yang menjual buah-buahan saja, sebab di supermarket masih jarang yang menjual buah blueberry per 1 kg.

Dari di sejumlah situs jual online, buah blueberry biasanya ditawarkan dalam beberapa pilihan, yakni dried (kering), fresh (segar), atau frozen (beku). Adapun untuk varian buah blueberry beku biasanya dijual mulai Rp 135 ribuan per kg, blueberry segar harganya mulai Rp 195 ribuan per kg, sedangkan buah blueberry yang sudah dikeringkan biasanya dijual lebih mahal, yakni mulai Rp 320 ribuan per kilogram.

Selain rasanya yang manis dan nikmati untuk diolah menjadi berbagai minuman maupun kudapan, ternyata blueberry menyimpan manfaat menakjubkan lainnya. Menurut penelitian di University of Missouri School of Medicine, buah blueberry disebut-sebut mengandung resveratrol, atau senyawa yang bisa membantu terapi radiasi dalam pengobatan kanker serviks.

“Berdasarkan penelitian sebelumnya, kami mempelajari ekstrak blueberry untuk memastikan apakah itu bisa digunakan sebagai radiosensitiser,” kata Yujiang Fang, profesor di University of Missouri School of Medicine, seperti dilansir Indian Express.

Radiosensitiser merupakan bahan kimia non toksik yang dapat membuat sel kanker lebih responsif terhadap terapi radiasi. “Untuk beberapa kanker, seperti serviks stadium akhir, radiasi merupakan pilihan pengobatan yang baik. Namun, kerusakan sel sehat bisa saja terjadi,” imbuhnya.

Dalam penelitian tersebut garis sel dibagi ke dalam 4 kelompok yang meliputi kelompok kontrol yang hanya menerima radiasi, kelompok yang hanya menerima ekstrak blueberry, serta kelompok yang menerima radiasi dan ekstrak blueberry. Peneliti mendapatkan hasil bahwa radiasi bisa menurunkan sel kanker hingga 20%. Kelompok sel yang hanya menerima ekstrak blueberry mengalami penurunan sel kanker 25%, dan yang mengalami penurunan sel kanker terbesar (70%) adalah kelompok yang menerima radiasi dan ekstrak blueberry.

“Blueberry sangat umum ditemukan di seluruh dunia. Mereka mudah didapat dan terjangkau. Sebagai pilihan pengobatan alami untuk meningkatkan efektivitas terapi yang ada, saya merasa mereka akan menerima dengan antusias,” tandas Fang.

Loading...