Bermanfaat Bagi Tubuh, Vitamin B Kompleks Cair Dijual Mulai Harga Rp 31 Ribuan

Vitamin B - (Sumber: brainpowerstore.com)Vitamin B - (Sumber: brainpowerstore.com)

Salah satu resep yang sering diberikan adalah B kompleks. Produk ini dapat Anda beli di apotik. Salah satu vitamin B kompleks dalam bentuk cair atau sirup yaitu Becombion Plus.

Harga satu botol produk berukuran 100ml tersebut seharga Rp 31.400. Aturan minumnya dibedakan berdasarkan usia, misalnya pada anak lebih dari usia 4 tahun yaitu dengan 2 sendok takar atau 10ml/hari.

Untuk anak usia 1-4 tahun, pemakaiannya 1 sendok takar atau 5ml/hari. Sedangkan untuk bayi 1-12 bulan yaitu ½ sendok takar atau 2,5ml/hari.

Selain merk tersebut, ada beberapa vitamin B kompleks yang dinilai bagus untuk dikonsumsi, antara lain Blackmores Multivitamin dan Minerals Tab 120s (Rp 431.847/botol), Wellness Dynovites Child Mulitivitamin Cap 30S (Rp 191.900/botol), Neurobion 250 TAB 10S (Rp 17.320) dan merek lainnya.

Vitamin B pada awalnya hanya ditemukan dalam bentuk tunggal, seperti vitamin A, D, E. Akan tetapi, setelah diteliti, vitamin B tersebut terdiri dari beberapa vitamin di antaranya B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan B12, yang kemudian disebut vitamin B kompleks.

Dengan demikian, apakah sebaiknya mengkonsumsi vitamin B kompleks tersebut harus sebanyak mungkin?

Menurut ahli diet bersertifikat, TanyaZuckerbrot, “Mengkonsumsi vitamin B kompleks tidak akan serta merta menjadikan kita lebih waspada atau semakin berenergi selayaknya mengkonsumsi kafein.”

Vitamin B12 dapat ditemukan pada daging merah, ikan, produk susu dan sereal yang diperkaya kandungan yang bermanfaat untuk otak dan sistem saraf, membantu memproduksi sel darah merah, mengubah makanan menjadi energi, dan berperan dalam mengatur suasana hati.

Sebagian besar orang dapat menyerapnya secara alami tanpa masalah, tetapi pada kalangan orang tua mungkin tidak begitu bagus.

telah menunjukkan setidaknya 10 persen orang berusia 65 tahun ke atas kurang bisa menyerap vitamin B12,” jelas David Smith, seorang profesor emeritus farmakologi di Universitas Oxford.

“Seiring dengan bertambahnya usia, kita tidak lagi menghasilkan asam lambung dan enzim yang dapat memecah vitamin B12 dari protein dalam makanan. Jadi, kita tidak bisa menyerapnya,” tambah David.

Setidaknya 20 persen atau lebih, seorang vegetarian dan beberapa orang tidak mampu menyerap vitamin secara alami di dalam usus. Ini termasuk dengan anemia pernisiosa. Kondisi ini merupakan autoimun di dalam tubuh menyerang sel-sel perut yang menghasilkan protein yang disebut intrinsik pembantu penyerapan vitamin B12.

Kondisi di atas seperti Crohn, di mana terjadi peradangan pada lapisan sistem pencernaan. Pasien yang mengkonsumsi obat untuk asam lambung dalam kurun waktu yang lama dapat menghambat terjadinya sekresi dalam perut.

Hal tersebut akan berakibat terbatasnya kemampuan tubuh untuk mengeluarkan B12 dari makanan. biasanya melibatkan pengujian darah untuk mengecek tingkat dari vitamin B kompleks tersebut.

Loading...