Bermanfaat Bagi Kesehatan, Harga Daun Mint di Giant Lebih Mahal Dari Pasar Tradisional

harga, daun, mint, di, giant, infeksi, saluran, pernapasan, akut, bagian, air, ISPA, diet, pasar, tradisional, mahal, per, kg, ikat, supermarket, segar, minum, teh, gula, waktu, minuman, makananDaun mint segar (sumber: almanac.com)

Daun mint mungkin sering Anda temukan di beberapa dan makanan. Entah itu sebagai pelengkap atau keperluan food plating. Tidak hanya itu saja, ternyata daun mint juga bermanfaat bagi kesehatan.

Seperti yang dilakukan tim dosen dan mahasiswa D3 Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Nasional Solo. Tim yang terdiri atas Dhurhania, Vita, dan Semartini serta sejumlah mahasiswa seperti Srimulat, Putri, Hera, Asih, Besti, Ida, Imania, dan Nova saat pengabdian masyarakat di Desa Duwet, Wonosari, Klaten.

Dhurhania yang akrab disapa Nia mengatakan bahan , seperti daun sereh, daun jeruk nipis, atau daun mint, ketika direbus menjadi satu dapat digunakan sebagai pengobatan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). Sedangkan alat untuk merebus air dan rempah-rempah tadi menggunakan rice cooker.

“Cara ini aman dari jangkauan anak-anak dibanding menggunakan panci yang berisi air panas. Selain itu fleksibel untuk digunakan dalam waktu 15 sampai 30 menit di ruang tidur sambil beristirahat,” ujar Nia.

Sementara itu, menurut ahli diet dan ahli gizi Cynthia Sass, daun mint memiliki efek menekan nafsu makan yang hampir sama baiknya dengan diet yang di pasaran. Anda bisa mulai menambahkan daun mint pada secangkir teh, perasan air jeruk manis tanpa gula, bahkan pada pasta gigi.

Untuk pilihan yang lebih mudah, Anda bisa menyantap permen karet beraroma mint setidaknya sehari sekali. Namun sayangnya, ini tidak berlaku untuk minuman coklat manis atau es krim beraroma mint.

“Aroma mint yang kuat merupakan penekan nafsu makanan alami yang bisa Anda gunakan untuk menekan nafsu makan. Aroma tersebut juga memiliki efek psikologis yang membuat Anda merasa puas setelah menghirup kesegarannya, sehingga bisa menjaga Anda makan berlebihan. Seperti yang Anda tahu, kunci kesuksesan diet yaitu makan sesuai porsi dan tidak berlebihan,” papar Sass.

Sass melanjutkan, bila suatu waktu Anda merasa ingin makan yang manis atau asin, memasukkan beberapa helai daun mint segar pada air minum atau teh hangat tanpa gula, bisa membuat hasrat tersebut mereda dalam waktu 20 menit.

Daun mint bisa Anda temukan di beberapa , contohnya Giant. Di tersebut, daun mint mungkin lebih mahal dibandingkan dengan di tradisional. Jika di , daun mint bisa sekitar Rp 4-5 ribuan per ikat. Sementara, jika per kg, jualnya sekitar Rp 35 ribuan.

Untuk menjaga agar tetap segar, daun mint perlu disimpan dengan cara diawetkan dalam segelas air. Anda bisa menggunakan segelas air mineral untuk membuat daun mint tetap segar. Caranya, bersihkan daun mint dan potong tangkainya sampai setinggi 3-5 cm. Kemudian masukkan bagian tangkainya ke dalam gelas berisi air dan tutup dengan plastik. Terakhir, masukkan ke dalam kulkas, apalagi di dalam freezer, sehingga daun mint dianggap bisa tahan seminggu sampai sebulan lamanya.

Loading...