Berkhasiat Untuk Kesehatan, Harga Peterseli di Pasar Mulai Belasan Ribu Rupiah

harga, peterseli, di, pasar, malang, organik, khasiat, kesehatan, tumbuhan, tanaman, per, hari, daun, batang, pedagang, luar, kota, pembudidaya, bulan, sayuran, teh, kandungan, antioksidanDaun peterseli yang biasa digunakan sebagai hiasan makanan (sumber: rimma.co)

merupakan salah satu yang seringkali digunakan untuk membuat salad dan sandwich. kaya akan kandungan A, C, K, E, mineral seperti tiamin, riboflavin, niacin/ B3, asam pantotenat, folat, kolin, magnesium dan zat besi.

Khasiat kesehatan dari tanaman tersebut antara lain mengendalikan diabetes, kanker, rheumatoid arthritis, osteoporosis, obat pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tumbuhan tersebut merupakan diuretik alami yang ampuh untuk mengatasi masalah infeksi saluran kemih, merangsang proses pembuangan racun, bakteri serta zat berbahaya lainnya dari dalam tubuh melalui air seni.

Di samping itu, peterseli juga dapat diolah menjadi minuman teh yang dapat membantu meningkatkan proses pembakaran lemak berlebih dalam tubuh. Kandungan antioksidan melimpah seperti beta karoten, zeaksantin, serta vitamin C, E dan K dapat membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak lebih cepat.

Anda dapat menemukan dan membeli peterseli di beberapa tempat, yang paling mudah di pasar. yang ditawarkan bisa jadi bervariasi, ada yang menjual Rp 13 ribuan, Rp 15 ribuan, hingga Rp 40 ribuan.

Salah satu pembudidaya peterseli di Surabaya, Ivone Chandra mengatakan, tanaman tersebut berasal dari Eropa, dan sudah banyak restoran yang menggunakannya sebagai pelengkap atau penghias . Menurutnya, peterseli di dalam negeri cukup tinggi. Itu sebabnya, ia mulai membudidayakan peterseli sejak tahun 2000 di lahan seluas 3.000 meter persegi (m2).

Selain fokus , Ivone pun menampung hasil para petani di Malang. Ia menjual peterseli ke beberapa pasar di Surabaya. Selain itu, Ivone memasok peterseli ke beberapa restoran di Jawa Timur. “Kadang ada yang pesan dari luar kota, tapi jarang yang bisa terpenuhi,” ungkapnya.

Dalam sepekan, Ivone bisa menjual sekitar 300 kilogram (kg) daun peterseli. Harganya dipatok berkisar Rp 12.000-Rp 13.000 per kg. Pembudidaya peterseli lainnya di Malang, Jawa Timur, Nurida, mengakui permintaan peterseli kian naik. Ia sudah membudidayakan tanaman ini sejak 1995.

“Lahan yang saya gunakan untuk menanam peterseli hanya 2000 m2, selebihnya untuk tanaman yang lain. Peterseli juga bermanfaat bagi perempuan yang mengalami gangguan menstruasi dan mampu menghilangkan bau mulut bila dikonsumsi secara teratur,” kata pemilik Nurida Farm Nursery.

Lahan milik Nurida bisa menghasilkan sekitar 500 kg tanaman peterseli setiap bulan. Biasanya, ia mengirimkan peterseli ke sejumlah pedagang di pasar sekitar Malang. Rata-rata, Nurida bisa menjual sekitar 30 kg daun peterseli per hari, dengan harga Rp 12.000-13.000 per kg.

Menurut Nurida, peterseli itu ada dua varietas, yaitu peterseli akar lunak yang bisa dimakan daun dan batangnya. Kemudian, peterseli cripsum yang cuma dibudidayakan untuk dipanen daunnya saja.

Loading...