Berisi Penjabaran Hadis Bukhari, Kitab Fathul Bari Dijual Mulai Harga Rp 800 Ribuan

Kitab Fathul Bari

Selama ini banyak orang beranggapan bahwa -buku berbasis hanya diminati oleh kalangan ustaz atau santri saja. Padahal banyak masyarakat umum yang juga menyukai buku-buku berbau agam seperti Kitab Fathul Bahri. Bahkan dalam pameran buku atau di -toko buku masih banyak yang mencari buku turats (referensi) karya para ulama terkenal.

buku turats tetap bagus dan stabil. Banyak pengunjung yang mencari buku referensi tersebut. Tidak hanya kalangan ustadz dan santri, tapi juga masyarakat umum,” kata M. Anis Baswedan, Ketua Panitia Islamic Book Fair beberapa waktu lalu seperti dilansir Republika.

Senada, Direktur Utama Penerbit Pustakan Al-Kautsar Tohir Bawazier mengatakan jika buku-buku yang topiknya serius tetap banyak dicari oleh . “Buku-buku serius, termasuk di dalamnya buku turats atau referensi tetap dicari orang. Yang menarik, pembeli buku referensi tersebut tidak hanya orang tua dan ustadz, tapi banyak juga remaja yang membeli buku-buku turats,” jelas Tohir.

Kitab Fat-hul Baari Syarhu Shahiihil Bukhari sendiri merupakan buku karya seorang ulama hadis ternama, Ibnu Hajar al-Asqalani. Kitab Fathul Bari menjabarkan secara rinci ribuan hadis yang ditulis oleh Imam al Bukhari berkaitan dengan ilmu, wudhu, tayamum, salat, adzan, salat berjamaah, zakat, haji, umrah, puasa, jual beli, hingga tentang wasiat.

Bahkan Kitab Fathul Bari mendapat julukan Laa Hijrata Ba’dal Fath, yang artinya tidak perlu menengok ke kitab lain jika sudah ada Fathul Baari. Kitab satu ini terdiri dari banyak jilid, namun setiap penerbit biasanya membagi jilid kitab Fathul Bari secara berbeda-beda. Ada yang merangkumnya menjadi 7 jilid saja, dan ada yang menjualnya dalam jumlah 36 jilid. Kitab Fathul Bari 7 jilid dengan sekitar Rp 682.500, sedangkan Fathul Bari isi 7 jilid milik penerbit Pustaka Imam Syafii dibanderol Rp 819 ribuan, kemudian untuk 36 jilid dibanderol Rp 3,9 jutaan.

Untuk mendapatkan kitab Fathul Bari bisa dilakukan dengan membelinya di toko-toko buku besar, toko buku khusus agama Islam, atau membeli secara . Pasalnya kini juga sudah banyak penerbit yang memasarkan buku-bukunya secara .

Loading...