Beribu Manfaat, Berapa Harga Aluminium Batangan per Meter?

Aluminium Batangan - www.bukalapak.comAluminium Batangan - www.bukalapak.com

Aluminium merupakan salah satu yang cukup familiar dalam kehidupan sehari-hari. Merupakan konduktor yang baik, aluminium dapat ditempa menjadi lembaran, ditarik menjadi kawat, dan di-ekstrusi menjadi dengan bermacam-macam penampang. Di pasaran sendiri, aluminium yang telah menjadi saat ini dijual dengan puluhan hingga ratusan ribu per meter.

Dilansir dari berbagai sumber, aluminium dapat digunakan dalam banyak hal. Umumnya, material ini dimanfaatkan dalam kabel bertegangan tinggi. Selain itu, juga digunakan secara luas dalam bingkai jendela dan badan terbang. Sementara, di rumah tangga, aluminum sering dimanfaatkan untuk membuat panci, botol minuman ringan, tutup botol susu, dan sebagainya.

“Sementara, dalam dunia konstruksi, aluminium banyak digunakan sebagai konstruksi seperti atap, casting, fabrikasi, pipa, tangki, batang aluminium, kawat, bingkai jendela, pagar, hingga pegangan tangan,” tulis situs Sridianti.com. “Penggunaan aluminium untuk konstruksi bisa membantu melestarikan .”

Selain itu, aluminium juga banyak digunakan untuk pembuatan kendaraan bermotor. Bagian-bagian mobil seperti pelek, blok mesin, komponen, suspensi, hingga transmisi, banyak yang terbuat dari bahan ini. Bagian lain seperti dudukan karburator, handle pintu, ornamen, dan logo mobil juga umum menggunakan aluminium.

Merupakan material yang umum dan banyak digunakan, tidak sulit menemukan aluminium di pasaran. Jika kebetulan Anda membutuhkan aluminium batangan, harganya sangat bervariasi. Salah satu penjual menawarkan aluminium batangan dengan harga sekitar Rp80 ribuan per meter, sedangkan pedagang yang lain ada yang menjualnya dengan harga Rp100 ribu hingga Rp500 ribuan per meter.

Di sendiri, harga aluminium masih terpantau melemah karena efek perang dagang antara AS-China. Seperti dikutip dari , harga aluminium kontrak tiga bulanan di London Metal Exchange (LME) pada akhir pekan (13/7) kemarin berada di level 2.031 dolar AS per metrik ton. Dalam sepekan, harga logam ini sudah turun sebesar 2,35 persen.

Loading...