Berguna Sebagai Peredam Suara Knalpot Racing, Berapa Harga Glasswool R9?

Ilustrasi: knalpot sepeda motor (sumber: lifehacker.com)Ilustrasi: knalpot sepeda motor (sumber: lifehacker.com)

Meningkatkan performa bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu yang paling sering dilakukan adalah dengan mengganti atau memodifikasi bagian . Bukan cuma mendongkrak tampilan dan tenaga saja, knalpot juga otomatis membuat suara terdengar lebih garang. Biasanya beberapa menyisipkan seperti glasswool untuk meredam suara dari knalpot racing agar tak terlalu berisik dan aman dari tilang.

Modifikasi knalpot motor termasuk layanan yang paling laris di sejumlah bengkel, termasuk di Bayou Exhaust Concept di kawasan Kampung Sawah Lama, Ciputat, Tangerang Selatan. “Alhamdulillah ramai, ya lumayan lah banyak yang datang buat servis atau modifikasi knalpot, mungkin karena mulut ke mulut kali ya,” kata Bayu, pemilik Bayou Exhaust Concept, seperti dilansir Kumparan.

Selain modifikasi, Bayu juga melayani servis knalpot racing berupa penggantian saringan, ganti glasswool, hingga bobok knalpot segala jenis motor. “Ini kalau knalpot racing selain glasswool ya kita pasangin db killer biar suaranya tetap bulat, cuma ya tetap aja sih ya namanya juga jadi incaran polisi. Beda hal kalo knalpot bawaan motor yang dibobok, kan paling ganti saringan pakai yang racing, suaranya juga sama aja sih cuma lebih aman karena polisi tahunya itu knalpot ori kan,” ungkapnya.

Walaupun tak ada rentang waktu penggunaan yang pasti, Bayu menyarankan glasswool untuk diganti setelah suara knalpot sudah sedikit berbeda atau tak lagi ‘bulat’, sekitar penggunaan 4 bulan. “Glasswool ya palingan 4-6 bulan sih umurnya, habis itu suaranya langsung sember lagi kan, nah itu harus buru-buru diganti biar enggak jadi berisik nantinya, kasihan orang lain kan,” beber Bayu.

Biaya servis knalpot motor pun bermacam-macam, tergantung seberapa besar kapasitas mesin motor. Misalnya saja servis knalpot racing dengan mengganti saringan dan glasswool dikenai biaya Rp 180 ribu hingga Rp 250 ribu, kemudian bobok knalpot mulai Rp 130 ribu, dan custom knalpot mulai Rp 350 ribu. Pemilik motor juga bisa membeli glasswool sendiri. Di pasaran ada bermacam-macam merk dan jenis glasswool, misalnya glasswool R9 racing dengan harga berkisar antara Rp 22 ribuan hingga Rp 50 ribuan.

Loading...