Bergerak Stabil, Pasar Bitcoin & Ethereum Diprediksi Butuh Waktu Lama untuk Pulih

Bitcoin dan EthereumHarga bitcoin dan ethereum melemah - betanews.com

bitcoin hari ini, Minggu (27/1) terpantau melemah 0,22 persen menjadi 3.558,24 atau sekitar Rp 50 jutaan setelah dibuka pada posisi 3.565,97. Sepanjang hari ini BTC telah diperdagangkan pada kisaran angka 3.526,94 hingga 3.648,50 per 1 BTC dengan kapitalisasi mencapai USD 62,28 miliar.

Sebelumnya bitcoin sempat menguat dari USD 3.511 ke level USD 3.657 atau hampir 2% meski ada penarikan Chicago Board Options Exchange (CBOE) dan VanEck Bitcoin exchange-traded fund (ETF). Meskipun kurangnya pergerakan harga utama setelah peristiwa yang sangat diantisipasi seperti penarikan ETF VanEck menunjukkan tingkat aktivitas perdagangan yang rendah di pasar crypto global, para mengharapkan volatilitas di pasar Bitcoin meningkat dalam beberapa minggu mendatang.

Sejak (11/1) lalu selama lebih dari 2 minggu, harga bitcoin tetap stabil dalam kisaran harga yang rendah dan ketat antara USD 3.500 hingga USD 4.000, tidak dapat menembus level resistensi utama atau jatuh di bawah level dukungan penting.

Mengingat kecenderungan harga Bitcoin untuk menunjukkan volatilitas setelah periode stabilitas yang panjang, pedagang umumnya melihat harga BTC mengalami pergerakan harga yang liar pada paruh pertama Februari 2019 mendatang. Namun masih belum pasti apakah Bitcoin akan dapat memulai pergerakan naik yang berarti di atas level resistensi utama seperti USD 4.000.

“Sampai sekarang, sebagian besar indikator fundamental dan teknis dari Bitcoin mengarah ke prospek bearish jangka pendek. Namun, tergantung pada kinerja aset pada akhir pekan tersebut. Aset mungkin mulai menunjukkan bias yang sedikit bullish dalam jangka pendek,” kata salah satu pedagang terkenal dengan alias Crypto Rand, seperti dilansir CCN.

Sementara itu, awal pekan ini, co-creator () dan pendiri Cardano (ADA) Charles Hoskinson menyatakan bahwa pasar crypto mungkin memerlukan waktu 11 tahun untuk pulih sepenuhnya dan bahwa baik investor maupun bisnis harus siap untuk itu. “Mungkin butuh 11 tahun bagi kita [industri kripto] untuk pulih kembali ke tempat kita pada tahun 2017, tetapi kita akan menjadi ekosistem yang sangat berbeda pada saat itu. Kami akan memiliki jutaan, bahkan mungkin miliaran pengguna. Kita akan berada di banyak konsumen, mudah digunakan, [bahkan] nenek-nenek dapat menggunakannya,” ucapnya.

Sebagai , ethereum saat ini diperdagangkan pada angka USD 114,89 atau Rp 1,6 jutaan per 1 ETH, turun 0,49% setelah dibuka pada posisi USD 115,43. Sepanjang hari ini ethereum bergerak pada rentang angka USD 113,49 hingga USD 117,77 dengan kapitalisasi pasar mencapai USD 12,01 miliar.

Loading...