Berfungsi Sebagai Waterproofing, Harga Membran Bakar Sika Mulai Rp800 Ribuan

Ilustrasi: penggunaan membran bakar (sumber: pakarepoxy.com)Ilustrasi: penggunaan membran bakar (sumber: pakarepoxy.com)

selama ini dikenal sebagai produsen bahan perekat, bahan kimia, dan bahan konstruksi lainnya yang berkualitas. Selain itu, juga memproduksi yang kerap dijadikan waterproofing atau kedap air dan anti di suatu . membran bakar Sika dipatok di angka ratusan ribu rupiah.

Sebagai contoh, produk membran bakar Sika BituSeal T-130 SG dijual dengan harga mulai Rp803 ribu hingga Rp981 ribuan per roll di pasaran. “Sika BituSeal T-130 SG adalah membran waterproofing (kedap air/anti bocor) dengan torching (dibakar) yang fleksibel. Berbahan dasar APP (Atactic Polypropylene) modifikasi bitumen, yang diperkuat dengan bahan Polyester non-woven. Memiliki permukaan yang dilapisi semacam pasir (sand broadcast) dan bagian bawahnya dilapisi Polyethylene untuk mempermudah pemasangan,” demikian seperti dilansir dari situs resmi Sika.

Pelapis kedap air ini bisa diaplikasikan di bangunan seperti dinding basement, atap dak beton, balkon, atau teras. Ada beragam kegunaan yang ditawarkan oleh membran bakar Sika, mulai dari dapat digunakan untuk dinding penopang, dapat digunakan untuk atap yang datar di bawah lapisan pelindung, untuk atap yang datar dan ekspos serta genteng keramik, untuk atap yang datar pada balkon atau teras sebelum keramik.

Membran bakar Sika memiliki beberapa karakteristik dan kelebihan, seperti bersifat tahan lama, tahan terhadap cuaca, memiliki kekuatan daya tarik dan elongasi yang bagus, ketahanan terhadap kelembapan tinggi, kestabilan dimensinya baik, fleksibel pada suhu rendah, mudah diaplikasikan dengan metode dibakar, tidak tahan terhadap penetrasi akar tanaman, cocok sebagai lapisan paling atas pada berbagai macam penggunaan, daya tahan terhadap benturan mekanik baik, serta harus diaplikasikan pada permukaan rata dan halus seperti beton dan bata.

Menurut Agus Hari Setiawan, arsitek sekaligus kontraktor dari biro Cubicon Indonesia, supaya lapisan waterproofing tidak rusak, sebaiknya dak beton dilapisi plesteran semen setebal 3-5 cm. Atau bisa juga melapisi dak dengan membran bakar waterproofing.

“Sebelum mengaplikasikan membran bakar ini, bersihkan terlebih dahulu permukaan beton dari debu, pasir, minyak, dan kotoran lainnya. Setelah itu, lembaran membran dibentangkan pada permukaan dak, lalu digulung kembali. Setelah digulung, bentangkan kembali sambil dibakar permukaan bawahnya (dengan menggunakan khusus),” paparnya.

Loading...