Berfungsi Sebagai Tempat Penyimpanan Bahan Makanan, Harga Cool Box 100 Liter Sekitar Rp 500 Ribuan

harga, cool, box, 100, liter, bahan, produk, es, batu, ikan, hasil, nelayan, di, restoran, pelelangan, kapal, merek, seasozone, masa, simpan, fresh, o’fish, mini, storage, pendingin, lapisanCool box untuk menyimpan makanan saat beraktivitas outdoor (youtube: Mad Electron Engineering)

Cool box biasanya digunakan sebagai tempat penyimpanan bahan makanan seperti, daging, ikan, sayur, buah-buahan, es batu, dingin ataupun beku. Cool box terbuat dari bahan polyethylene dan polyurethane (PU) sebagai penahan udara dingin agar tidak menguap keluar.

Cool box juga dapat dipergunakan sebagai vaccine carrier, blood carrier dan kebutuhan lain yang membutuhkan tempat penyimpanan barang agar selalu fresh dan suhunya tetap terjaga.

Cool box diproduksi dengan menggunakan sistem moulding injection,keuntungan lain dari sistem moulding injection adalah permukaan cool box halus dan memiliki ketebalan dinding yang merata dan kuat. Cool box juga mempunyai 3 lapisan, yaitu lapisan luar,lapisan tengah dan lapisan dalam.

Produk tersebut memiliki 3 lapisan, lapisan luar berfungsi sebagai cover atau pelindung, lapisan tengah berfungsi sebagai penahan keluar masuk panas/dingin dari dalam ke luar dan sebaliknya. Sementara, lapisan dalam berfungsi sebagai pelindung PU yang tertanam di dalam, juga mengandung bahan anti lumut dengan permukaan yang licin.

Cool Box tersedia dengan berbagai ukuran, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, Anda yang membutuhkan ukuran 100 , cool box merek Ocean dijual dengan Rp 510.000. Tetapi, jika Anda membeli secara grosir, harganya bisa lebih murah.

Seiring dengan semakin banyaknya permintaan, maka akan produk pun semakin bertambah. Tidak ketinggalan juga dengan cool box. Seperti yang dilakukan oleh Universitas Diponegoro (Undip).

Produk yang dihasilkan adalah Box O’Fish dan Mini Storage dengan merek Seazone. Produk itu merupakan hasil riset dosen Undip. Kedua produk ini merupakan pengembangan teknologi ozone yang masuk dalam program PPBT (Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi) yang diadakan oleh kemenristekdikti.

Peneliti sekaligus penemu teknologi Seazone Dr Muhammad Nur, mengatakan Box O’fish merupakan box penyimpan ikan berteknologi plasma ozon yang digunakan untuk memperpanjang masa simpan ikan dengan menggunakan slurry ice yakni campuran antara es batu dengan air sebagai media pendingin.

‘’Di mana produk box O’fish terdiri atas 5 box dan 1 mesin generator ozone. Adapun mini storage merupakan wadah penyimpanan yang lebih kecil dilengkapi dengan teknologi plasma ozone yang digunakan untuk memperpanjang masa simpan ikan dengan suhu 2-8°C,” imbuhnya.

Ikan yang disimpan dengan box O’fish maupun mini storage mampu bertahan selama 15 hari. Sedangkan ikan yang disimpan hanya dengan es batu saja hanya bertahan selama 3 hari. “Produk box O’Fish dan Mini storage dipasang pertama kali di Sulawesi Tenggara yang bekerjasama dengan balai besar penangkapan ikan,” ujarnya.

Produk box O’Fish biasanya dijual di kapal dan tempat pelelangan ikan. Sedangkan untuk Mini Storage biasa dijual di hotel dan . Produk tersebut dinilai memudahkan. Misalnya, Box O’fish membuat nelayan tidak perlu lagi membawa es batu ke tengah laut dan hasil tangkapan menjadi lebih banyak.

Loading...