Berfungsi Sebagai Sumbu Roda, Berapa Harga Ball Joint Avanza Original?

Ball Joint Avanza - www.bukalapak.comBall Joint Avanza - www.bukalapak.com

Performa suatu , terutama mobil memang perlu diperiksa secara rutin guna memastikan setiap berfungsi dengan normal. kaki-kaki misalnya, memiliki peranan penting untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara. Apalagi jika kendaraan sering digunakan untuk jauh dan melewati jalanan yang kondisinya kurang baik.

Para mobil disarankan untuk lebih rajin memeriksa dan peka terhadap gejala-gejala yang timbul sebelum kerusakan suatu komponen jadi lebih parah. Selain berhubungan dengan kenyamanan, kaki-kaki mobil juga erat kaitannya dengan keselamatan.

“Kerusakan komponen pada sektor kaki-kaki mobil biasanya terdapat pada ball joint, long tie rod, tie rod end, shockbreaker, hingga bearing roda,” kata Kepala Bengkel Mega Makmur Motor, Amin, seperti dilansir Viva. Apabila komponen-komponen itu rusak, maka tidak dapat diperbaiki, alias harus diganti dengan yang baru.

Misalnya saja untuk komponen ball joint. ball joint pada suspensi mobil atau pada kaki-kaki kendaraan adalah sebagai sumbu roda ketika roda belok ke kiri dan ke kanan. Selain itu, ball joint pun berfungsi untuk memegang knuckle roda. Ball joint pada mobil biasanya ada pada arm atau sering disebut dengan istilah kaki udang, baik di arm atas atau arm bawah, tergantung suspensi yang digunakan.

Ciri-ciri atau tanda ball joint pada mobil mengalami kerusakan biasanya akan terdengar bunyi ‘gludug’ yang keras ketika roda melewati jalan yang tidak rata. Tanda lain biasanya roda depan akan kocak. Apabila kerusakan terlalu parah dan bunyi ‘gludug’ terlalu keras ketika melewati jalanan yang rusak, maka kocak pada roda pun akan terasa lebih keras.

“Ball joint rusak bisa diganti baik jointnya sendiri atau satu set dengan lower arm, tergantung kondisi. Jika bushing pada arm juga sudah retak, lebih baik ganti satu set lower arm dengan ball join,” demikian seperti dilansir Otomotrip.

Sebagai , ball joint Avanza original Toyota lama, yakni Avanza tahun 2004-2011 atau Daihatsu Xenia tahun 2004-2011 biasanya dijual mulai Rp 150 ribuan untuk satuan atau mulai Rp 300 ribuan untuk 43350-BZ010 Ball Joint Avanza Xenia Ori sepasang.

Loading...