Berfungsi Sebagai Stabilizer Arus Listrik, Harga UPS 2000 Watt Rp6 Jutaan

Harga, ups, 2000, watt, jenis, tipe, komputer, arus, listrik, petir, stabilizer, genset, fungsi, di, pasaran, merek, ICA, PN2022B, elektronikPemasangan UPS (amazon.in)

Sebuah yang mati secara tiba-tiba tanpa melalui proses pematian yang benar tentu akan menyebabkan konslet pada . Ada saja masalah yang terjadi pada saat sering mati secara mendadak, seperti CPU tidak bisa nyala, tiba-tiba bluescreen, error pada harddisk, dan sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut, sangat disarankan agar juga memiliki arus listrik tambahan, di mana membutuhkan UPS.

UPS atau Uninterruptible Power Supply merupakan komponen tambahan untuk peralatan eksternal pada komputer dan perangkat lainnya. Di mana UPS ini berperan sebagai penjaga arus listrik komputer. kerjanya hampir sama dengan genset, namun UPS hanya mampu bertahan dalam beberapa menit hingga 1 jam saja, karena memang fungsinya untuk menjaga listrik pada komputer agar tidak langsung mati.

UPS sendiri sangat berguna untuk melindungi perangkat elektronik dari mati listrik yang bisa terjadi kapan saja. ini menampung energi listrik layaknya baterai dan kembali mengalirkannya, sehingga perangkat seperti komputer tidak mengalami kerusakan. “Idealnya UPS untuk 1 PC (komputer, monitor, keyboard, mouse, printer) menggunakan UPS 650 VA itu lebih dari cukup. UPS itu sendiri lamanya durasi baterai antara 30-45 menit,” terang Herry Setiono, praktisi IT dan komputer kepada Merdeka.

Ia menjelaskan bahwa UPS memiliki tiga fungsi utama, yakni mencegah perangkat elektronik mati sehingga memberi kesempatan penggunanya untuk mematikan secara normal serta menghindari putusnya listrik ketika perpindahan listrik ke Genset. Selain itu, UPS juga berfungsi sebagai stabilizer arus listrik, dan penangkal petir.

“Sedangkan untuk daya tahan UPS kalau digunakan terus menerus pastinya juga akan aus, begitu juga dengan UPS dengan harga paling mahal pun pasti akan aus juga baterainya. Biasanya daya tahan 2 tahun mulai bermasalah dan baterai perlu untuk di replacement supaya UPS bisa bekerja normal/optimal kembali,” terangnya.

Sementara itu, berdasarkan pemakaiannya, UPS dibagi menjadi dua macam, yakni satu UPS kecil di tiap-tiap komputer, dan satu UPS berkapasitas besar yang bisa memenuhi kebutuhan banyak komputer.

Di pasaran, ada cukup banyak jenis dan tipe UPS yang masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri, sehingga harga jualnya pun sangat beragam. Sebelum membeli UPS, maka harus dikenali dulu sistem pada perangkat komputer, berapa kisaran besar daya UPS yang dibutuhkan. Selanjutnya, pengguna bisa memilih jenis UPS yang sesuai dengan perangkat. Misalnya untuk daya 2000 watt, ada merek ICA PN2022B yang dibanderol dengan harga Rp6.550.000.

Loading...