Berfungsi Sebagai Pengembang Roti & Donat, Berapa Harga Fermipan per Kg?

Harga, ragi, instan, instant, fermipan, bahan, pengembang, adonan, kue, roti, donat, per, kg, kilogram, 500, gram, 11, pack, alternatif, baking soda, kimia, aman, dikonsumsi, bau, khas, dipanggang, reaksi, sifat, kue kering, cake, daftar, warung, toko, minimarket, swalayan, kemasan, tahan lama, 1Sejumlah varian produk Fermipan (sumber: shopee.co.id)

Ketika Anda membuat donat atau , pasti menginginkan hasil yang mengembang dengan baik supaya tidak bantat dan enak dimakan. Saat membaca , pasti menemukan nama Fermipan di daftar .

Sebenarnya Fermipan merupakan nama dagang. Benda ini merupakan ragi yang dikhususkan untuk membuat menjadi mengembang, misalnya roti, donat, atau bakpau. Fermipan hanya bisa digunakan untuk adonan roti saja alias tidak akan berfungsi untuk pembuatan kering atau cake. Anda bisa juga mencari merek dagang lain, hanya saja yang seringkali di pasaran adalah Fermipan ini.

Fermipan adalah merk yeast (ragi) kering instan dari Perancis yang sudah dikenal oleh pembuat kue di seluruh dunia. Tidak hanya para profesional saja yang menggunakannya, banyak ibu rumah tangga yang memakai Fermipan sebagai bahan pengembang roti alami. Fermipan sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI sehingga Anda yang muslim tidak perlu khawatir memakan roti yang dibuat dengan si ragi instant ini.

Ragi instan sendiri memiliki kandungan air yang sangat sedikit, cenderung kering dan berbentuk butiran kecil kasar (mirip pasir) berwarna coklat terang. Kondisi kering inilah yang membuat mikroorganisme di ragi instan bisa bertahan lama dalam kemasan. Anda dapat membeli Fermipan di warung terdekat, pasar, supermarket dan pastinya toko kue.

satu Fermipan dengan berat 11gram dijual seharga Rp4.000, untuk kemasan satu pack dijual seharga Rp15 ribu, sementara untuk berat per 500 gram atau ½ kg berkisar antara Rp35 ribu sampai Rp40 ribuan. Ragi instan merek Fermipan tidak tersedia dalam ukuran 1 kilogram.

Penggunaan fermipan biasanya hanya 2,5% maksimal dari takaran tepungnya. Fermipan sama seperti pengembang kue yang lain, yang mana harus segera digunakan ketika dibuka. Bila setelah dibuka ternyata Fermipan masih bersisa, maka simpanlah dalam kulkas dan sebelumnya digulung dulu kemasannya. Jangan terlalu lama disimpannya karena dapat mempengaruhi cara kerja Fermipan.

“Untuk mengetahui apakah Fermipan masih berfungsi atau tidak, masukkan sedikit Fermipan ke dalam air hangat. Jika masih muncul buih, maka Fermipan tersebut masih bagus untuk digunakan,” demikian dilansir laman Kerjanya.

Sifat dari ragi instan yang cepat bereaksi membuat Fermipan sangat digemari masyarakat sebagai pengembang roti. Di dalam ragi terdapat berisi mikro organisme bersel satu yang hidup dari keluarga fungus, spesies Saccharomyces cerevisiae yang merupakan jamur pemakan gula yang akan mengeluarkan gas CO2. Proses inilah yang dimanfaatkan para pembuat roti agar adonan roti bisa mengembang.

Di adonan roti pasti terdapat tepung dan gula yang telah dicampur dengan Fermipan, kita diamkan beberapa saat agar fermentasi terjadi. Selanjutnya mikroorganisme dalam ragi akan mengubah karbohidrat dan gula menjadi gas karbon dioksida dan alkohol. Gas yang terperangkap di dalam adonan akan mendorong roti untuk mengembang. Reaksi ini jugalah yang membuat roti mempunyai bau khas saat dipanggang.

Namun, jika Anda enggan untuk menggunakan Fermipan sebagai bahan pengembang, ada alternatif pengembang kue selain Fermipan yang bisa Anda gunakan yakni baking soda yang merupakan pengembang berbahan kimia yang masih aman dikonsumsi.

Loading...